RSUD Poso Operasikan Pengolahan Limbah Modern

RSUD Poso Operasikan Pengolahan Limbah Modern
RSUD Poso Operasikan Pengolahan Limbah Modern
POSO - Masyarakat dipastikan tak perlu lagi resah dan khawatir akan tercemar oleh limbah (cair, padat dan radioaktif) yang diproduksi oleh RSUD Poso, Provinsi Sulawesi Tengah. Itu menyusul telah dimilikinya sistem pengolahan limbah rumah sakit secara modern oleh RSUD Poso. Sitem pengolahan limbah modern ini telah diterapkan oleh RSUD Poso sejak akhir Desember 2011 lalu.

Direktur RSUD Poso, dr Djani Moula MKes mengatakan, dengan sistem pengolahan limbah modern yang dimiliki RSUD Poso, masyarakat akan aman dari bahaya dan penyakit yang bisa ditimbulkan akibat limbah medis yang terkenal sangat berbahaya. “Warga tak perlu khawatir. Kita sudah punya alat pengolahan yang aman dan modern,” jelasnya kepada Radar Sulteng (JPNN Group).

Mantan Kepala Puskesmas Pendolo Pamona Selatan ini menjelaskan, unit alat pengolah limbah yang ada di RSUD yang dipimpinnya akan bekerja sesuai dengan limbah yang diproduksi. Untuk jenis limbah cair, pengolahan akan melalui instalasi pengolahan air limbah (IPAL) dengan sistem boiseptic. Mekanisme pengolahannya adalah dengan menggunakan penampungan 2 buah tangki fiber dengan kapasitas isi 40 m3 per tangki.

 

Semua pembuangan air kotor dari kamar mandi, termasuk air tinja, dalam lingkungan rumah sakit akan masuk ke instalasi IPAL. Dalam tangki terdapat skat pemisah dan terdapat bahan berbentuk bola-bola kecil (air lift sistem) yang telah didesain khusus sebagai fungsi tempat perkembangbiakan bakteri. Pengolahan limbah dalam tangki menggunakan 2 buah mesin blower yang bekerja secara bergantian (menggunakan timer) menghembuskan oksigen kedalam pipa yang menghubungkan mesin blower.

POSO - Masyarakat dipastikan tak perlu lagi resah dan khawatir akan tercemar oleh limbah (cair, padat dan radioaktif) yang diproduksi oleh RSUD Poso,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News