JPNN.com

Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang Siap Dilalui Pemudik

Selasa, 14 Mei 2019 – 04:45 WIB Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang Siap Dilalui Pemudik - JPNN.com

jpnn.com, SUMATERA UTARA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau ke Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang yang dikelola oleh PT Hutama Karya, Sabtu (11/5) lalu.

Tujuan kunjungan ini adalah untuk meninjau progres pembangunan dan kesiapan Jalan Tol Ruas Terbanggi Besar – Kayu Agung milik HK serta Ruas Kayu Agung – Palembang milik Waskita Toll Road yang akan dibuka secara fungsional pada masa mudik Lebaran 2019 mendatang sebagai alternatif jalan nasional.

“Saat ini progres pekerjaan konstruksi dari Terbanggi Besar hingga Kayu Agung sudah lebih dari 90 persen sehingga sudah siap difungsionalkan dengan kondisi seluruhnya perkerasan beton. Hanya tinggal rambu, lampu jalan dan Tempat Istirahat Sementara (TIS) yang perlu ditambahkan," ujar Basuki di sela kunjungannya.

Basuki menjelaskan dengan berfungsinya ruas Terbanggi Besar – Kayu Agung dan Kayu Agung – Palembang, artinya jalan tol yang menghubungkan Lampung dan Palembang sepanjang kurang lebih 366 km sudah siap untuk dilalui oleh para pemudik.

Jalur tersebut terdiri dari Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar yang telah beroperasi penuh sepanjang 140 km serta 3 ruas yang masih fungsional yaitu Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang sepanjang 99 km, Ruas Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 87 km dan Ruas Kayu Agung – Palembang sepanjang 40 km.

Sementara itu, demi menjamin kenyamanan perjalanan pemudik yang melalui Jalan Tol Lampung – Palembang, Budi mengimbau pentingnya ketersediaan bahan bakar, toilet dan makanan di setiap tempat istirahat/rest area, khususunya yang berada di KM 33, 87, 116, 163, 172, 208, 215, 234, dan 285. 

"Jalan tol ini sejajar dengan jalan nasional, jadi ini juga bisa dikolaborasikan untuk memastikan ketersediaan makanan, BBM dan sebagainya lewat koordinasi dengan petugas di lapangan," kata Budi.(chi/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...