Rudiantara Resmikan Akses Internet di Desa Uma Beringin

Rudiantara Resmikan Akses Internet di Desa Uma Beringin
Menkominfo Rudiantara. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, SUMBAWA - Menteri Telekomunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo) Rudiantara meresmikan akses internet di Desa Uma Beringin, Kecamatan Uter Iwes, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hadir di acara tersebut antara lain President Director Lintasarta Arya Damar, Wakil Bupati Sumbawa H Mahmud Abdullah, Anggota Komisi I DPR RI, dan pejabat eselon I Kementerian PDT.

Arya Damar mengatakan, Lintasarta sebagai Information and Communication Technology (ICT) Total Solution Company terus mendukung program Universal Services Obligation (USO) dari BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika) dengan membangun akses internet di daerah yang sulit terjangkau di Indonesia salah satunya di Sumbawa, NTB.

“Ini kebanggaan tersendiri bagi Lintasarta untuk mendukung pemerintah melakukan pemerataan pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi termasuk pembangunan jaringan melalui program USO di daerah-daerah terpencil yang selama ini belum terjangkau layanan telekomunikasi dasar sekalipun," tutur Arya Damar.

Dijelaskan, untuk lokasi NTB, Lintasarta sudah memasang 37 Lokasi. Khusus untuk Kabupaten Sumbawa terdapat 16 lokasi Akses Internet dan 2 BTS.

Sampai akhir 2017, Lintasarta sudah menyediakan layanan Akses Internet dan BTS di 26 propinsi, 116 kota kabupaten, sebanyak 402 lokasi Akses Internet dan 134 BTS yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Ini menjadi cerminan bahwa internet memungkinkan masyarakat untuk semakin produktif sekaligus lebih berdaya saing secara ekonomis,” tambah Arya.

Dari hasil survey yang diperoleh, sudah ada ibu PKK yang kuliah online, mahasiswa yang aktif di KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) ikut sertifikasi, petani mendapatkan informasi obat pembasmi hama, SMK melakukan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), memasarkan kopi Sumbawa melalui Instagram.

Menkominfo Rudiantara meresmikan akses internet di Desa Uma Beringin, Kecamatan Uter Iwes, Kabupaten Sumbawa, NTB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News