Rumania Tawarkan Pelabuhan Constanta ke Indonesia

Rumania Tawarkan Pelabuhan Constanta ke Indonesia
Pertemuan delegasi Rumania dan Indonesia. Foto: Ist

jpnn.com, RUMANIA - Indonesia dan Rumania telah menyetujui kerjasama sektor perdagangan sejak lama.

Bagi Indonesia, Rumania adalah pintu masuk menuju pasar Uni Eropa, sementara Indonesia merupakan pintu masuk menuju pasar ASEAN.

Karenanya, untuk memaksimalkan pasar ekspor Indonesia, Rumania menawarkan pelabuhan Constanta yang berada di tepi Laut Hitam sebagai hub logistik utama bagi masuknya komoditas impor nasional ke negara itu.

Hal ini dibahas dalam kunjungan delegasi Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua BKSAP Juliari P. Batubata dengan eksekutif Kamar Dagang Rumania di Bukares, Rumania.

Menanggapi hal itu, Anggota BKSAP Jon Erizal mengatakan, tawaran tersebut sangat menarik untuk dikaji lebih jauh sepanjang volume arus perdagangannya ekonomis.

“Menurut saya, perlu dibentuk tim kecil untuk melihat lebih jauh masalah ini,” ujar politikus F-PAN ini.

Sebelumnya, Wakil Menteri Lingkungan Bisnis, Perdagangan dan Kewirausahaan Rumania, Paula-Marinela Pirvanescu menegaskan pihaknya sangat menyambut baik bila pebisnis dari Indonesia berniat melebarkan sayap usahanya ke negara itu dengan memanfaatkan pelabuhan utama Constanta sebagai pintu masuk arus barang.

“Kami bisa memberikan pelayanan di Constanta. Kapasitas dan kualitasnya segera kami tingkatkan. Constanta akan kami perluas,” ujar Pirvanescu

Rumania berharap Indonesia memanfaatkan pelabuhan Constanta sebagai hub logistik untuk memperluas produk ekspor ke pasar Eropa lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News