Pelaksanaan UNBK di Kabupaten Siak Perlu Dukungan Pusat

Pelaksanaan UNBK di Kabupaten Siak Perlu Dukungan Pusat
Sutan Adil Hendra bersama Tim Kunker Komisi X DPR meninjau kesiapan UNBK di SMA 1 di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Rabu (21/3/2018).Foto: Humas DPR for JPNN.com

jpnn.com, SIAK - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra meminta pemerintah pusat untuk turun langsung dalam menuntaskan persoalan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Siak, Riau.

Pasalnya, minimnya jumlah komputer serta ketersediaan jaringan listrik masih jadi kendala yang terjadi di Kabupaten Siak.

"Di sini masih banyak SMK dan SMA lain yang gabung dengan SMA 1 Siak. Ini Iebih karena kurang sarana komputer, kurang jaringan terhadap PLN dan Telkom," ujar Sutan di sela-sela Tim Kunker Komisi X mengunjungi SMA 1 di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Rabu (21/3/2018).

Politisi Gerindra ini menuturkan Kabupaten Siak perlu bantuan pemerintah pusat terkait peningkatan sarana dan prasarana dalam rangka sukseskan UNBK ini.

"Ini perlu peningkatan. Begitu memahani kondisi di Siak ini sangat rendah pelaksanaan UNBK. Ini jadi tantangan Kemendikbud untuk meningkatkan ke depan. Agar UNBK sejalan dengan kurikulum K13," tuturnya.

Sutan, panggilan akrabnya juga mendorong adanya peningkatan sarana dan prasarana lain dalam mendukung pelaksanaan pendidikan vokasi.

Menurutnya, SMK adalah solusi meningkatkan pendidikan vokasi di sekolah yang punya kearifan lokal.

"SMK adalah solusi tingkatkan pendidikan vokasi di sekolah yang punya kearifan lokal. Di SMK 1 Siak kita liat sesuatu yg luar biasa, karena luas lahan 3.5 hektar. Kalau ini dikelola untuk kepentingan vokasi menjadi sangat baik," lanjutnya.

UNBK di Kabupaten Siak yang masih terkendala jumlah komputer dan ketersediaan listrik perlu perhatian pusat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News