DPR: Pemerintah Harus Memaksimalkan Perlindungan kepada WNI

DPR: Pemerintah Harus Memaksimalkan Perlindungan kepada WNI
Wakil Ketua Komisi I DPR RI Hanafi Rais. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi I DPR RI Hanafi Rais mendorong Pemerintah Indonesia untuk segera meminta kejelasan kepada Pemerintah Arab Saudi terhadap eksekusi mati yang menimpa TKI asal Madura, Zaini Misrin. Hal tersebut seharusnya menjadi refleksi untuk pemerintah, khususnya Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) agar memaksimalkan perlindungan hukum bagi Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri.

"Tentu hal ini harus menjadi refleksi bagi Kemenlu, apakah langkah day to day dalam rangka pendampingan hukum terhadap WNI kita yang terkena kasus itu sudah maksimal atau belum,” ucap Hanafi di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (21/3/2018).

Selain itu, Hanafi juga menilai bahwa ada miskomunikasi yang sangat fundamental terkait eksekusi terhadap Zaini Misrin. “Ketika sudah mau dieksekusi, kita tidak diberitahu. Diberitahunya hanya proses pengadilannya, tetapi ketika mengeksekusi, bahkan sudah ada surat peninjauan kembali, tidak ada informasi mengenai eksekusi tersebut akan dilakukan,” ujarnya.

Menurutnya, hal itu tentu memancing kritik untuk pemerintah agar bersungguh-sungguh dalam melakukan intensifikasi dalam pendampingan hukum WNI yang tinggal diluar negeri.

Selain itu, pemerintah juga harus mengirimkan tenaga kerja yang profesional dan high skill.

“Selama ini kan kita hanya mengirimkan yang low skill labour. Seharusnya pemerintah bisa membentuk tenaga kerja yang memiliki high skill, sehingga kita mengirim buruh migran tersebut tentu yang level edukasinya lebih tinggi sehingga pendapatannya lebih manusiawi, dan pekerjaan yang dilakukan lebih bermutu,” tegasnya.

Politikus Fraksi PAN itu menambahkan bahwa hal ini tentu akan memberi catatan terhadap hubungan Indonesia dengan Arab Saudi.

“Pasti akan terjadi singgungan di dalamnya, namun tidak akan mengganggu hubungan diplomasi yang selama ini sudah berjalan dengan baik,” katanya.

Hanafi Rais mendorong Pemerintah Indonesia untuk segera meminta kejelasan kepada Pemerintah Arab Saudi terhadap eksekusi mati yang menimpa TKI, Zain Misrin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News