Rumdin Anggota DPR Lebih Baik Dimanfaatkan untuk Hal Lain

Rumdin Anggota DPR Lebih Baik Dimanfaatkan untuk Hal Lain
Suasana rumah jabatan untuk para anggota DPR RI di kawasan Kalibata, Jakarta, Kamis (24/8). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR Ahmad HM Ali mengatakan, hampir 80 persen legislator tidak menempati rumah dinas yang disediakan pemerintah. Menurutnya, mereka bahkan lebih memilih untuk tinggal di luar dengan menyewa rumah dan apertemen.

Karena itu, dia berpendapat penggantian rumah dinas dengan uang sewa sebenarnya lebih pada menghitung efektivitas.

“Soal jumlah yang tidak pakai itu BURT (Badan Urusan Rumah Tangga DPR) mungkin yang lebih tahu,” kata wakil ketua Fraksi NasDem DPR itu, Kamis (29/4).

Di sisi lain Ahmad menyatakan setiap tahunnya pembiayaan rumah tersebut tidak sedikit. Dia mengatakan, negara bisa saja memanfaatkan untuk keperluan lain jika rumah tersebut tidak digunakan anggota DPR.

“Itu kan aset negara, jadi bisa saja dimanfaatkan untuk keperluan lain ketimbang tidak digunakan anggota," katanya.

Dia menambahkan, bukan berarti karena aset negara, jadi tidak bisa digunakan untuk keperluan lain. Menurut dia, bisa saja aset itu diambil alih oleh negara untuk dimanfaatkan guna keperluan lain. "Itu jauh lebih bermanfaat, apalagi aturannya ada,” ungkapnya.

Ahmad membeberkan, banyak alasan mengapa anggota DPR tidak menggunakan rumah dinas tersebut. Dia berpendapat alasannya lebih kepada soal efektivitas karena posisi rumah dinas tersebut berada di pusat kemacetan ibu kota.

Meskipun, kata dia, jarak antara rumah dinas itu dengan kantor DPR tidak begitu jauh, kemacetan berdampak pada efektivitas perjalanan anggota dewan.

Anggota DPR Ahmad HM Ali mengatakan, hampir 80 persen legislator tidak menempati rumah dinas yang disediakan pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News