Rupiah Jatuh, Stimulus Tak Efektif

Rupiah Jatuh, Stimulus Tak Efektif
Rupiah Jatuh, Stimulus Tak Efektif
JAKARTA – Para pengusaha elektronik menilai stimulus fiskal yang disiapkan pemerintah tidak akan banyak membantu menurunkan harga jual, terutama produk elektronik, jika nilai tukar rupiah masih saja melemah atas dolar AS. Stimulus fiskal hanya dapat mengerem supaya harga jual produk elektronik tidak melonjak lagi.

 

"Memang stimulus membuat harga jual elektronik turun. Tapi, karena nilai tukar rupiah masih terpuruk, kenaikan harga tetap tidak bisa dicegah,’’ ujar Presdir PT Sanyo Sales Indonesia Toshihide Miyamoto kemarin (14/1).

 

Dia optimistis harga jual produk Sanyo tidak akan naik, jika nilai tukar rupiah terhadap dolar AS bisa dijaga stabil di bawah Rp 10 ribu per dolar AS.

 

Senior Manager Home Appliance Department PT Sanyo Sales Indonesia Jefrey Maeda menambahkan, produk Sanyo sudah naik harga sejak Oktober tahun lalu. Dengan asumsi nilai tukar rupiah Rp 10 ribu-Rp 11 ribu per dolar AS, harga jual rata-rata naik 10-15 persen. ’’Kalau dolar AS menyentuh Rp 12 ribu, kenaikan harga elektronik bisa sama dengan produk otomotif, yakni 30 persen,’’ tuturnya.

 

JAKARTA – Para pengusaha elektronik menilai stimulus fiskal yang disiapkan pemerintah tidak akan banyak membantu menurunkan harga jual, terutama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News