Rupiah Melemah, Emas Berkilau

Rupiah Melemah, Emas Berkilau
Rupiah Melemah, Emas Berkilau

jpnn.com - JAMBI – Rupiah boleh melemah, namun harga emas makin berkilau.  Pantauan di pasar kota Jambi, harga emas kemarin Rp2,9 juta per suku. Berbeda dengan hari sebelumnya yang masih dikisaran Rp. 2,7 juta per sukunya.

"Dalam beberapa hari ini emas mengalami kenaikan yang cukup drastis dari hari-hari sebelumnya," papar Nasir (37) pemilik took mas Beringin.

Menurutnya harga yang disebutkan diatas belum termasuk untuk upah. Kalau sama upah harga emas bisa berkisar diatas Rp 3 jutaan. "Kalau sama upah tergantung tingkat kesulitan pembuatannya. Lebih sulit pengerjaannya ongkos pembuatannya bisa semakin tinggi," paparnya.

Ditempat yang berbeda, Musa pemilik toko emas Cahaya Mulia juga menuturkan harga emas ditempatnya sudah berada di harga Rp 3jutaan yang sudah termasuk ongkos pembuatan perhiasan sejak hari ini (kemarin. Red).  Saat ditanya mengenai respon masyarakat terhadap harga yang sudah mulai tinggi ini, ia mengatakan tak terjadi perubahan yang signifikan baik dari sisi pembelian ataupun penjualan emas di pasar.

"Masih biasa aja baik penjualan maupun pembelian. Lagian ini kan masih baru naiknya, jadi mungkin banyak yang belum tau harga emas naik ataupun turun," paparnya.

Ia menambahkan sebenarnya kenaikan harga logam mulia tersebut sudah mulai terasa sejak pasca lebaran lalu. Namun kenaikan yang dirasa cukup tinggi dirasa dalam beberapa hari belakangan. Hal ini dipengaruhi oleh harga dolar yang semakin menguat yang harganya berada dikisaran Rp. 11.000.

"Mulai tanggal 15-an kemarin terasa naiknya," tambahnya.

Sementara itu berdasarkan harga yang dirilis oleh toko emas matahari yang didapat dari bank syariah mandiri selaku salah satu perbankan yang memiliki sistim gadai emas, selama dua hari berturut-turut harga emas antam selalu mengalami kenaikan. Perbandingan harga Pada hari kamis (22/8) sampai dengan Jumat cukup menukik tajam. Untuk ukuran 10 gram harga sebelumnya berada diangka Rp 504 ribu menjadi Rp 507ribu.

JAMBI – Rupiah boleh melemah, namun harga emas makin berkilau.  Pantauan di pasar kota Jambi, harga emas kemarin Rp2,9 juta per suku.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News