Rupiah Tak Ikutan Perang Kurs

Ekonom : Bisa Jadi Blunder Ekonomi

Rupiah Tak Ikutan Perang Kurs
Rupiah Tak Ikutan Perang Kurs
Rupiah Tak Ikutan Perang KursJAKARTA - Isu panas perang kurs yang terjadi di berbagai negara direspons dingin oleh pemerintah. Bahkan, pemerintah memberikan sinyal untuk tidak ikut-ikutan dalam perang kurs dengan melemahkan Rupiah.?

       

Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, hingga saat ini, pemerintah masih belum melihat adanya urgensi untuk ikut dalam perang kurs seperti yang dilakukan negara-negara lain. "Maksudnya melemahkan Rupaiah kan" saya tidak ngomong gitu," ujarnya di Kantor Menko Perekonomian, Senin (11/10).

Sebagaimana diketahui, isu perang kurs pertama kali dilontarkan oleh Managing Director International Monetary Fund (IMF) Dominique Strauss-Kahn saat Annual Meetings IMF dan World Bank Group di Washington DC, 4 - 10 Oktober 2010 lalu. Presiden World Bank Robert Zoellick juga menyinggung isu serupa.

 

Yang dimaksud perang kurs adalah kebijakan intervensi negara untuk menjaga agar mata uangnya tidak terlalu kuat atau bahkan agar melemah. Tujuannya, untuk menggenjot kinerja ekspor. Sebab, dengan nilai tukar mata uang yang lemah, maka barang yang diproduksi negara tersebut memiliki harga jual sangat murah saat diekspor ke negara-negara lain. Strategi tersebut merujuk pada kebijakan kurs tetap Yuan Tiongkok serta intervensi Bank of Japan (BoJ) pada nilai tukar Yen terhadap dolar Amerika (USD).

JAKARTA - Isu panas perang kurs yang terjadi di berbagai negara direspons dingin oleh pemerintah. Bahkan, pemerintah memberikan sinyal untuk tidak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News