Rusia: Ukraina Punya Rudal Penembak Jatuh Pesawat

Rusia: Ukraina Punya Rudal Penembak Jatuh Pesawat
Rusia: Ukraina Punya Rudal Penembak Jatuh Pesawat. Getty Images

jpnn.com - KEMENTERIAN Pertahanan Rusia mengeluarkan pendapat yang menyebut bahwa militer Ukraina memiliki sistem peluncuran rudal ke udara dan setidaknya 27 peluncur yang memiliki kemampuan untuk menjatuhkan pesawat yang melintas di wilayah Donetsk, tempat di mana pesawat Malaysia Airlines MH17 jatuh pada Kamis (17/7).

"Berdasarkan informasi dari Kementerian Pertahanan Rusia, unit-unit pasukan militer Ukraina yang ditempatkan di lokasi jatuhnya pesawat dilengkapi dengan sistem rudal anti pesawat dari Buk-M1. Kompleks ini dalam karakter teknis dan taktis mereka mampu mendeteksi target udara pada kisaran hingga 160 kilometer dan menabraknya pada kisaran ketinggian penuh 30 kilometer," kata pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia yang dilansi oleh Russia Today pada Jumat (18/7).

Diketahui pesawat Malaysia Airlines berjenis Boeing 777-200 yang membawa 283 penumpang dan 15 kru pesawat jatuh di wilayah timur Ukraiana, tepatnya di dekat Donetsk. Daerah tersebut merupakan lokasi konflik yang terjadi antara kelompok separatis pro-Rusia dengan pemerintah Ukraina sejak beberapa bulan terakhir. Seluuruh orang dalam penerbangan itu tewas seketika.

Ukraina menyebut tragedi itu terjadi karena pesawat terkena tembakan rudal. Namun belum ada laporan resemi mengenai penembakan rudal serta siapa pelaku penembakan.

Seorang pilot yang juga merupakan pakar penerbangan, Yury Karash menyebut kemungkinan pesawat itu jatuh oleh rudal sangat besar.

"Boeing-777 adalah mesin yang sangat bisa diandalkan. Pesawat modern tidak hanya celaka tanpa alasa. Mari kita ingat bagaimana rudal Ukraina menembak jatuh pesawat Rusia TU-154 sepuluh tahun lalu. Saya benar-benar tidak bisa mengesampingkan kemungkinan Boeing-777 juga terkena rudal," katanya Karash. (mel/rmo/jpnn)

 


KEMENTERIAN Pertahanan Rusia mengeluarkan pendapat yang menyebut bahwa militer Ukraina memiliki sistem peluncuran rudal ke udara dan setidaknya 27


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News