Rusuh Sektarian di Mesir, 190 Orang Ditangkap

Pembakaran Dua Gereja Dibakar, 10 Tewas

Rusuh Sektarian di Mesir, 190 Orang Ditangkap
Rusuh Sektarian di Mesir, 190 Orang Ditangkap
KAIRO - Jatuhnya rezim otoritarian di Mesir dalam revolusi pada Februari lalu belum menjamin bahwa situasi keamanan dan politik telah kondusif. Dewan Tertinggi Militer, yang kini mengendalikan pemerintahan di Mesir, belum sepenuhnya mampu meredam gejolak di masyarakat.

 

Buktinya, kerusuhan sektarian meletus di Kairo pada Sabtu malam lalu (7/5). Dua gereja hangus dibakar. Salah satu gereja itu berlokasi di kawasan kumuh Imbaba, Kairo. Sedikitnya 10 tewas dan 200 lainnya luka-luka dalam bentrok yang mengiringi pembakaran gereja tersebut.

 

Pemerintah Mesir bereaksi cepat terhadap pembakaran gereja itu. Militer kemarin (8/5) menangkap 190 orang yang diduga menyerang dan membakar tempat ibadah warga Kristen tersebut.

 

Militer Mesir menegaskan bahwa penangkapan tersebut dilakukan untuk memberikan efek jera bagi siapapun atau kelompok manapun agar tidak mengganggu keamanan nasional. Mereka akan dituntut dan disidang di pengadilan militer sehingga prosesnya yang cepat. Para perusuh itu juga diancam hukuman secara maksimal dengan dakwaan membakar tempat ibadah.

 

KAIRO - Jatuhnya rezim otoritarian di Mesir dalam revolusi pada Februari lalu belum menjamin bahwa situasi keamanan dan politik telah kondusif. Dewan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News