Rusunawa di Magelang Dilengkapi Mebel, Penyewa Tinggal Masuk

Rusunawa di Magelang Dilengkapi Mebel, Penyewa Tinggal Masuk
Rusunawa. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, MAGELANG - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menggenjot pembangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) sebagai upaya mendukung Program Sejuta Rumah. Magelang di Jawa Tengah pun tak luput dari pembangunan rusunawa yang menjadi salah satu program andalan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

Saat ini sudah ada tiga rusunawa di Magelang yang telah diresmikan penggunannya oleh Presiden Jokowi pada Senin lalu (18/9). Rusunawa itu untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Penyewa rusunawa itu pun tinggal masuk. Sebab, di dalamnya sudah ada fasilitas mebel, listrik dan jaringan air bersih.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pun mengaku puas dengan dioperasikannya tiga unit rusunawa di Magelang itu. "Sudah dicek semua dan sudah berfungsi. Selain itu rusun sudah terhuni dan akan segera kita serah terimakan kepada Pemerintah Kabupaten Magelang," ujar Basuki, Kamis (21/9).

Ketiga rusunawa yang telah diresmikan itu ada di Tempuran, Muntilan dan Mancasari. Untuk Rusunawa Tempuran berkapasitas 100 penghuni, sedangkan Rusunawa Muntilan bisa memuat 200 penghuni.

Adapun Rusunawa Mancasari mampu menampung 228 penghuni. Setiap unit telah dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti meja, kursi, lemari, tempat tidur dan ruang jemur.

Bahkan khusus Rusunawa Mancasari juga dilengkapi fasilitas perpustakaan, ruang serbaguna dan toko. Dengan biaya sewa Rp 125 ribu per bulan, rusunawa yang pembangunannya dikerjakan oleh PT Brantas Abipraya itu diperuntukan bagi lajang atau yang belum berkeluarga.

Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanudin mengingatkan penghuni rusunawa untuk memelihara kebersihan lingkungan tempat tinggalnya. "Pemeliharaan rusunawa tersebut akan diatur dengan penerbitan SK bupati sebagai acuan dan standardisasi pengelolaan rusunawa," pesan Syarif.(nas/JPC)


Penyewa rusunawa cukup merogoh Rp 125 ribu per bulan. Di setiap unit rusunawa sudah dilengkapi mebel seperti meja, kursi, lemari dan tempat tidut.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News