Sabtu, 17 Agustus 2019 – 17:44 WIB

Ruth Marini, Kosongkan Diri untuk Merasuki Peran

Senin, 03 September 2018 – 20:06 WIB
Ruth Marini, Kosongkan Diri untuk Merasuki Peran  - JPNN.COM

jpnn.com - Nama Ruth Marini, 34, makin sering terdengar selama Agustus 2018. Dua film yang dibintanginya telah dirilis. Sebelum Iblis Menjemput dan Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212. Meski bukan pemeran utama, akting Ruth sangat berkualitas.

Kecintaan Ruth pada dunia seni peran berawal saat SMA. Kala itu, dia menyaksikan pertunjukan monolog di Lampung. Ibu satu anak tersebut kagum dengan kepiawaian pemeran monolog dalam memerankan banyak karakter.

''Saya jadi mikir, kayaknya keren ya kalau bisa seperti itu," ujar Ruth saat ditemui pada Jumat (31/8) di Studio BSC Cawang, Jakarta Timur.

Ruth akhirnya terjun ke dunia teater. Pada 2000-2014, perempuan asal Lampung itu tergabung dalam Teater Satu Lampung. Selama 14 tahun itulah bakat akting Ruth terasah. Dia sering ikut pentas monolog atau teater di berbagai kota di Indonesia.

Ruth tidak setengah-setengah saat mengosongkan diri. Dengan begitu, dia bisa merasuk ke karakter yang diperankan. Misalnya, saat berperan sebagai gelandangan dalam monolog berjudul Wanci. Untuk menghayati peran tersebut, dia juga menjadi gelandangan. Dia menginap dua bulan di sebuah stasiun di Lampung. ''Nggak mandi, makan dari sisa makanan di tong sampah. Hehe," ungkapnya.

Selama menginap di stasiun, Ruth benar-benar bisa paham rasanya menjadi gelandangan. Dia bertengkar dengan petugas kereta, hampir dilecehkan preman, dan tidak makan karena terlambat mengambil nasi sisa di tong sampah. Hal itu sangat membantunya saat berperan sebagai Aci si gelandangan. Dia pun memperoleh penghargaan Aktris Monolog Terbaik Indonesia pada 2007.

Berkat karyanya itu, nama Ruth kian dikenal di kalangan pelaku teater. Hingga akhirnya, dia berkenalan dengan Happy Salma. Ruth menjadi asisten sutradara Wawan Sofwan dalam Bunga Penutup Abad, pertunjukan yang diproduseri Happy. Kedekatan dengan Happy lantas membuka jalan Ruth di dunia film.

Tahun lalu, tim LifeLike Pictures sempat sulit mencari pemeran nenek sakti (guru Wiro Sableng). Tim kemudian mengontak Happy, pemeran Suci (ibu Wiro), untuk meminta rekomendasi pemeran. Happy mengajukan nama Ruth.

Sumber : Jawa Pos
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar