Ruth Sahanaya Sudah tak Sejernih Dulu

Ruth Sahanaya Sudah tak Sejernih Dulu
Ruth Sahanaya. Foto: JPNN

jpnn.com - SUARA prima adalah modal utama seorang penyanyi. Dan menjaga kualitas suara tentu tidak mudah. Salah satunya, harus menjalankan gaya hidup sehat. Itu yang dilakukan Ruth Sahanaya atau akrab disapa Uthe.

Selain menjaga makanan dan minuman, dia rutin memeriksakan kondisi tenggorokan dan saluran pernafasannya ke dokter ahli. ”Terus terang seiring berjalannya waktu, suara saya sudah tidak sejernih seperti dulu,” kata Uthe seperti yang dilansir INDOPOS (JPNN Group), Selasa (24/9).

”Suara saya sekarang terasa lebih tebal. Kalau dulu nada-nada tinggi mudah dicapai, sekarang perlu effort yang lebih,” sambung Uthe. Tetapi bukan berarti kualitas vokalnya berkurang. Teknik bernyanyinya justru semakin matang, warna suaranya pun semakin terdengar unik.

Kini, saat persaingan di industri musik semakin ketat dengan kemunculan penyanyi-penyanyi baru, Uthe tetap punya tempat di hati pecinta musik. Sempat membentuk 3 Diva bersama Titi DJ dan Krisdayanti, belakangan Ruth dan Titi tampil dengan nama Truth.  

”Begitu banyak penyanyi baru bermunculan, datang dan pergi. Mereka yang mampu konsisten yang bertahan hingga akhir,” tutur pemilik hits Kaulah Segalanya itu. (ash)


SUARA prima adalah modal utama seorang penyanyi. Dan menjaga kualitas suara tentu tidak mudah. Salah satunya, harus menjalankan gaya hidup sehat.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News