Saat Depresi, Hindari 5 Makanan dan Minuman ini

Saat Depresi, Hindari 5 Makanan dan Minuman ini
Ilustrasi depresi. Foto: AFP

jpnn.com - Tidak ada seorang pun yang ingin terjebak dalam kelamnya depresi. Goncangan mental ini bisa sangat menganggu dan dapat membahayakan jiwa jika tidak diatasi dengan benar. Sebaik apa pun nasihat atau saran yang diberikan, mengatasi depresi tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Meski demikian, harus ada langkah yang dilakukan, meski sesederhana memperhatikan pola makan. Supaya depresi yang dirasakan tak memburuk, cobalah untuk menghindari jenis makanan dan minuman tertentu.

Depresi adalah suatu kelainan suasana hati yang menyebabkan perasaan sedih dan kehilangan minat, yang bisa dirasakan terus-menerus. Kondisi ini dapat memengaruhi cara seseorang berpikir dan berperilaku, serta bukan tak mungkin memicu berbagai masalah fisik maupun psikis yang lebih serius.

Dipaparkan oleh dr. Ellen Theodora kepada KlikDokter, ciri-ciri seseorang mengalami depresi adalah sebagai berikut:

1. Mood menurun hampir sepanjang hari, bahkan setiap hari. Dalam kondisi ini, orang yang mengalaminya bisa merasa sedih atau kosong. Pada anak-anak atau remaja, depresi dapat termanifestasi sebagai mood yang mudah tersinggung.

2. Kehilangan minat atau kesenangan pada semua atau hampir semua aspek. Keadaan ini juga bisa berlangsung sepanjang hari, hampir setiap hari.

3. Penurunan berat badan tanpa penyebab yang jelas.

4. Insomnia atau hipersomnia setiap hari.

5. Agitasi atau retardasi psikomotor (aktivitas atau gerakan motorik).

6. Kelelahan atau hilangnya energi yang dirasakan setiap hari.

Hindari konsumsi ini

Penanganan depresi tak hanya mengandalkan terapi dengan psikolog atau psikiater, atau dengan obat-obatan. Nyatanya, makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari juga dapat membantu—atau justru memperburuk—depresi yang ada. Untuk menghindari depresi semakin menjadi, hindari mengonsumsi makanan dan minuman di bawah ini.

1. Jus buah

Supaya depresi yang dirasakan tak memburuk, cobalah untuk menghindari jenis makanan dan minuman tertentu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News