5 Kiat Atasi Stres Saat Jagoan Kalah di Final Piala Dunia

5 Kiat Atasi Stres Saat Jagoan Kalah di Final Piala Dunia
Prancis mengalahkan Kroasia pada final Piala Dunia 2018. Foto: FIFA

jpnn.com - Final Piala Dunia 2018 mempertemukan dua tim kuat, yakni Prancis dan Kroasia. Saat tim jagoan kalah di babak final, pastinya akan timbul rasa kecewa yang mendalam. Meski begitu, ada beberapa cara untuk menghilangkan stres karena tim andalan kalah di Piala Dunia.

Stres adalah kondisi di mana Anda terbebani oleh pikiran karena mengalami rasa kecewa. Efeknya sangat merugikan, terlebih jika sudah sampai pada tingkat yang lebih parah, yakni mendatangkan berbagai macam penyakit berbahaya.

“Belakangan, stres sering dihubungkan dengan kondisi mematikan, seperti penyakit jantung koroner dan serangan jantung. Karena itu, mencegah dan menghadapi stres adalah tantangan tersendiri bagi Anda yang ingin hidup sehat lebih lama,” ujar dr. Nadia Octavia dari KlikDokter.

Stres yang tidak ditangani dengan baik bisa mengurangi semangat bekerja, dan membuat seseorang menunda atau bahkan menghindari kegiatan yang menjadi kewajibannya. Akibatnya, terjadilah stres berkepanjangan.

“Bila dibiarkan, stres berkepanjangan dapat berujung pada depresi yang kemudian bisa memicu gangguan mental, yang berdampak lebih buruk daripada stres," imbuh dr. Vito A. Damay dari KlikDokter.

Pada awalnya Anda bisa jadi hanya merasa stres. Lalu lambat-laun menjadi murung, kinerja menurun, sulit berkonsentrasi, sulit tidur dan makan, bahkan bisa jadi muncul keinginan untuk menyakiti diri hingga bunuh diri.

Cara agar terhindar dari stres

Selama pertandingan sepak bola berlangsung, tentunya Anda akan mengalami kekecewaan ketika tim yang dijagokan akhirnya tidak memenuhi ekspektasi. Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan cara berikut:

Saat tim jagoan kalah di babak final, pastinya akan timbul rasa kecewa yang mendalam.

Sumber Klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News