Sabar Ya, BKD Masih Tunggu Hasil Verifikasi Peserta CPNS

Sabar Ya, BKD Masih Tunggu Hasil Verifikasi Peserta CPNS
Tes CPNS. Ilustrasi Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, GRESIK - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Gresik menunggu hasil verifikasi panitia pusat terhadap nilai peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Sebab, nilai ambang batas (passing grade) diubah. Namun, hanya nilai totalnya. Karena itu hasilnya baru bisa diketahui pekan depan.

Kepala Bidang Data, Formasi, dan Pengembangan BKD Gresik Reza Pahlevi menjelaskan, kebijakan perubahan passing grade tersebut dituangkan dalam Permen PAN-RB Nomor 61 Tahun 2018.

Intinya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) menurunkan ambang batas untuk nilai total.

Dari semula 298 diturunkan menjadi 255 bagi peserta umum. ''Yang diturunkan hanya akumulasinya,'' ujarnya.

Untuk nilai minimal tiga jenis tes, tidak ada perubahan. Yakni, 143 untuk TKP (tes karakteristik pribadi), 80 untuk TIU (tes inteligensia umum), dan 75 untuk TWK (tes wawasan kebangsaan).

Yang penting, nilai akumulasinya mencapai 255. Jika ada peserta yang nilai akumulasinya sama, lanjut dia, baru panitia akan melihat nilai setiap jenis tes.

Reza mencontohkan peserta A dan B punya nilai akumulasi sama-sama 260. Nanti dilihat nilai TKP dulu. Jika nilai TKP peserta A lebih tinggi daripada B, A yang dinyatakan lulus.

Daftar nama peserta CPNS yang dinyatakan lulus SKD diumumkan pekan depan oleh BKD.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News