Sah, Pemerintah Tetapkan I Zulhijah pada 15 September

Idul Adha 24 September

Sah, Pemerintah Tetapkan I Zulhijah pada 15 September
Dirjen Bimas Islam Kemenag, Machasin (tengah) menggelar konferensi pers Sidang Itsbat Awal Zulhijah 1436 H di gedung Kementerian Agama, Jakarta, Minggu (13/9). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) resmi mengumumkan Idul Adha tahun ini jatuh pada 24 September 2015. Hal tersebut diputuskan setelah pihaknya bersama para pemuka agama dari berbagai daerah menggelar sidang Itsbat untuk menentukan awal Zulhijah 1436 H.  

Setelah dilakukan pemantauan untuk melihat hilal, di berbagai daerah hingga bada magrib dilaporkan tidak ada yang melihat hilal.

"Kami mendengarkan laporan rukyat dari seluruh Indonesia, nggak ada satupun laporan hilal terlihat, mulai dari Papua sampai Aceh. Jadi tahun ini kami menetapkan 1 Zulhijah pada Selasa 15 September. Artinya Idul Adha, jatuh pada 24 hari kamis," ujar Dirjen Binmas Islam Kemenag Ma'chasin di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, Minggu (13/9) malam.

Kalaupun ada yang menentukan I Zulhijah pada Senin (14/9) besok, Kemenag tak mempermasalahkan hal tersebut dan menghormati perbedaan yang ada.

"Kalau ada yang menentapkan atau meyakini pada besok itu 1 Zulhijah. Itu kami memberikan kebebasan dan tidak ada paksaan untuk mengikuti pemerintah. Perbedaan ini nggak perlu dibesar-besarkan," tandas Ma'chasin. (chi/jpnn)

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) resmi mengumumkan Idul Adha tahun ini jatuh pada 24 September 2015. Hal tersebut diputuskan setelah pihaknya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News