Saham Newmont Sebaiknya Diserahkan ke Pemda

Saham Newmont Sebaiknya Diserahkan ke Pemda
Saham Newmont Sebaiknya Diserahkan ke Pemda
JAKARTA - Pengamat ekonomi dari Universitas Indonesia (UI), Aris Yunanto, menyarankan pemerintah pusat untuk tidak memaksakan diri membeli tujuh persen saham dari divestasi PT Newmont Nusa Tenggara (NNT). Aris justru menyarankan tujuh persen tersebut diserahkan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Nusa Tenggara Barat (NTB) demi semakin memberdayakan daerah.

Dengan demikian, seluruh divestasi saham NNT sebanyak 31 persen bisa dimiliki daerah. “Jika saham divestasi dimiliki daerah, maka daerah akan mendapat dividen dan semakin banyak dana masuk ke daerah guna membangun daerah,” Aris Yunanto kepada pers, di Jakarta, Kamis (28/4).

Menurutnya, jika pemerintah pusat memaksakan diri menguasai saham tujuh persen maka sebenarnya tidak ada jaminan deviden yang masuk ke pusat akan digunakan untuk kepentingan pembangunan di NTB. “Jadi, idealnya sisa divestasi saham tujuh persen itu, serahkan ke daerah saja,” tambahnya.

Lebih lanjut Aris mengatakan, jika saham tujuh persen itu dibeli daerah dan bisa dibarengi dengan tambahan komisaris dan direksi Newmont maka hal itu juga semakin mengukuhkan kepemilikan Pemda atas kegiatan usaha NNT.

JAKARTA - Pengamat ekonomi dari Universitas Indonesia (UI), Aris Yunanto, menyarankan pemerintah pusat untuk tidak memaksakan diri membeli tujuh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News