Salam Pramuka, WBP Boalemo Wakili Kwarda Gorontalo di Raimuna 2017

Salam Pramuka, WBP Boalemo Wakili Kwarda Gorontalo di Raimuna 2017
Plt Dirjen PAS Kemenkumham Ma’mun bersama Satuan Komunitas Pengayoman Warga Binaan Pemasyarakatan (Sako WBP) Lapas Kelas IIB Boalemo dalam Raimuna Nasional XI Pramuka 2017 di Buperta Cibubur. Foto: Kemenkumham

jpnn.com, CIBUBUR - Ada pemandangan unik dalam kegiatan Raimuna Nasional XI Pramuka 2017 di Bumi Perkemahan Cibubur yang diikuti belasan ribu anggota praja muda karena pilihan se-Indonesia, Senin (14/8). Keunikan itu berasal dari kontingen Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka  Provinsi Gorontalo.

Kontingen Raimuna asal Gorontalo itu memang bukan dari kalangan pelajar. Sebab, anggota kontingen justru dari Satuan Komunitas (Sako) Pengayoman Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Boalemo. 

Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Ma’mun mengatakan, setiap WBP di lapas memang menjalani pembinaan kepribadian dan kemandirian. Kegiatan kepramukaan pun menjadi pilihan.

“Kemandirian itu meliputi pembinaan kemampuan dan keterampilan dimiliki oleh WBP. Sedangkan untuk kepribadian mencakup kesenian, olahraga, dan termasuk kegiatan kepramukaan ini,” ujarnya di Jakarta Selasa (15/8).

Ma’mun melanjutkan, program pramuka di Lapas Boalemo merupakan salah satu cara membentuk karakter WBP berusia muda. Kegiatan pramuka itu untuk memupuk mental para WBP supaya sesuai dengan kebutuhan pembinaan yang berlangsung di dalam lapas. Sebab, para WBP juga memiliki potensi  jika mendapatkan akses dan kesempatan.

Lebih lanjut Ma’mun menjelaskan tentang proses pembinaan terhadap Sako Pengayoman WBP Boalemo. Ada enam WBP yang ikut kegiatan itu, yakni Panli Abdullah (17), Sandi S. Botutihe (22), Ronal Rahman (26), Rein Maamu (22), Rian Mahajani (22), dan Ilyas Harun (21).

“Mereka dapat mewakili Kwarda Provinsi Gorontalo di kegiatan Raimuna Nasional XI Pramuka 2017. Walau mereka adalah WBP,” tuturnya bangga. 

Ma’mun menambahkan, Presiden Joko Widodo saat membuka Raimuna Nasional 2017 berpesan agar Pramuka menjaga semangat tetap muda, produktif, inovatif, kreatif, terdepan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan menjadi garda terdepan perubahan di negeri ini.

Ada pemandangan unik dalam kegiatan Raimuna Nasional XI Pramuka 2017 di Bumi Perkemahan Cibubur yang diikuti belasan ribu anggota praja muda karena

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News