Salamander Pasok Gas ke PLN Hingga 2033

PLN Atasi Kebutuhan Beban Puncak di Kalimantan

Salamander Pasok Gas ke PLN Hingga 2033
Salamander Pasok Gas ke PLN Hingga 2033
JAKARTA - PT Salamander Energy akan memasok volume gas sebesar 20 bbtud (billion british thermal unit per day) ke PT PLN (Persero). Gas yang berada di  lapangan Bangkanai, Kabupaten Muara Teweh, Kalimantan Tengah milik PT Salamander itu mulai dipasok pada Juni 2013 hingga 2033.

Kesepakatan itu ditandai dengan ditandatanganinya Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) lapangan Bangkanai oleh Direktur Utama PT PLN, Dahlan Iskan bersama General Manager PT Salamander Energi Limited,  Jhon Henriksen di Kantor PLN Pusat, Selasa (28/6).

"Pasokan gas Bangkanai ini nantinya digunakan memenuhi kebutuhan gas untuk pembangkit listrik yang ada di wilayah Kalimantan, terutama  di Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur," ucap Dahlan usai menandatangani PJBG tersebut. Dikatakannya, harga gas yang disepakati oleh kedua belah pihak sebesar USD 4.79/mmbtu US Dollar dengan ekskalasi 3 persen per tiga tahun.

Dengan adanya kerjasama ini ungkapnya,  diperkirakan potensi penghematan biaya bahan bakar yang bisa dilakukan PLN mencapai Rp.1.019.844.000.000 per tahun, dengan asumsi harga HSD sebesar Rp.8.500,- per liter dan kurs US dolar Rp.8.600. " Di samping  penggunaan gas ini  bisa memberikan peluang yang lebih baik bagi PLN untuk mengurangi ketergantungan pada BBM HSD bagi  pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD), juga dapat mengurangi Biaya Pokok Produksi (BPP). Bila BPP listrik ini berhasil ditekan, maka akan memberikan dampak bagi pengurangan subsidi listrik yang harus disediakan Pemerintah," ujarnya.

JAKARTA - PT Salamander Energy akan memasok volume gas sebesar 20 bbtud (billion british thermal unit per day) ke PT PLN (Persero). Gas yang berada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News