Saldo First Travel Cuma Rp 1,3 Juta, Kemana Uang Jamaah Rp 550 Miliar?

Saldo First Travel Cuma Rp 1,3 Juta, Kemana Uang Jamaah Rp 550 Miliar?
Biro travel dan umrah First Travel. Foto/ilustrasi: dokumen JawaPos.Com

jpnn.com, JAKARTA - Bareskrim Polri mensinyalir bahwa sedikitnya ada Rp 550 miliar uang nasabah yang dikantongi First Travel. Uang tersebut hingga kini tidak diketahui keberadaannya. 

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Hery Rudolf Nahak mengatakan, pihaknya hanya menemui uang Rp 1,3 juta dari rekening First Travel dan rekening pribadi para tersangka.

"Ada delapan rekening yang semua (saldonya) ada kurang lebih Rp 1,3 juta. Saya belum bisa jawab aliran dana di rekening itu ke mana," kata Hery di kantor sementara Bareskrim Polri di Kementerian Kelautan dan Perikanan di Jakarta Pusat, Jumat (11/8).

Penyidik, kata Hery, akan mencari ke mana aliran dana jemaah First Travel diselewengkan. Dia mengaku sudah berkoordinasi dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Herry menambahkan, tersangka Direktur Utama First Travel Andika Surachman dan istrinya Anniesa Desvitasari Hasibuan diduga kuat menipu 35 ribu jemaah umrah yang hingga kini batal berangkat. Padahal, para korbannya telah menyetorkan sejumlah uang.

"Jumlah jemaah yang sudah mendaftar dan membayar itu 70 ribu orang, cukup besar, ya. Dan hanya 35 ribu yang berangkat. Sisanya 35 ribu jemaah tidak bisa berangkat dengan berbagai alasan," kata Hery. (Mg4/jpnn)


Bareskrim Polri mensinyalir bahwa sedikitnya ada Rp 550 miliar uang nasabah yang dikantongi First Travel. Uang tersebut hingga kini tidak diketahui


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News