Sales Elektronik Raup Rp 83 Triliun

Sales Elektronik Raup Rp 83 Triliun
Sales Elektronik Raup Rp 83 Triliun
JAKARTA - Pasar Indonesia memiliki performa yang cukup baik. Itu terlihat dari nilai penjualannya yang selalu meningkat. Tercatat, nilai pasar sebesar Rp 83 triliun, yang dihitung dari penjualan 40 tipe produk elektronik sepanjang 2010. "Dibandingkan dengan 2009, pasar elektronik 2010 menikmati pertumbuhan sekitar 17 persen," kata  Business Development Manager Growth from Knowledge (GfK), Andi Siswanto di Jakarta, Kamis (24/3).

Dia mengaku peralatan elektronik rumah  tangga (major domestic appliances) mencatatkan pertumbuhan tertinggi, lebih dari 30 persen, dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.       

Menurutnya, keputusan konsumen untuk membeli peralatan rumah tangga (major domestic appliances) lebih didorong oleh kebutuhan rasional, daripada alasan emosional atau gayahidup. Dalam kasus itu,lanjutnya, perbaikan daya beli yang dikombinasikan dengan tingkat penetrasi pasar yang masih rendah (dibawah 25 persen) menjadi faktor utama yang mendorong performa fenomenal dari industri tersebut.

Secara umum, Andi mengatakan konsumen mulai mengubah pola konsumsi (lebih mempertimbangkan kualitas) pada saat PDB per kapita mencapai USD 3 ribu. Mengingat Indonesia sudah semakin mendekat ke level tersebut, konsumen Indonesia akan mulai masuk ke fase itu dalam waktu dekat.   

JAKARTA - Pasar Indonesia memiliki performa yang cukup baik. Itu terlihat dari nilai penjualannya yang selalu meningkat. Tercatat, nilai pasar sebesar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News