Saling Rajam, Meminta Hujan

Upacara Tiban Tradisi Tulung Agung Jatim

Saling Rajam, Meminta Hujan
Saling Rajam, Meminta Hujan
TULUNGAGUNG - Belasan lelaki dewasa di Desa Tanjungsari, Kecamatan Boyolangu, saling rajam. Luka sabetan sampai berdarah di punggung seolah tidak dirasakan. Mereka terus saja saling menyabet, sampai ada yang orang dewasa lainnya yang memisahkan.

Ya, aksi saling sabet ini adalah kesenian tradisional tiban. Dengan diadakannya tiban, warga berharap segera turun hujan. Itu agar para petani di Desa Tanjungsari bisa segera menggarap sawah mereka yang mulai mengering.

"Ayo sabet maneh, sudah dimana saja bisa. Wis sakit ndak masalah. Ini semua teriring doa agar segera turun hujan," ucap salah satu orang dari pengeras suara.

Tiban digelar pukul 13.00 hingga sore hari. Dengan bergantian para peserta tiban maju ke tengah arena. Setelah melepaskan baju, mereka lantas menerima pecut dari lidi pohon aren. Dengan iringan musik tradisional, para peserta tiban berlaga di arena. Di sana menunggu musuh yang masih bertahan dari sabetan lawan sebelumnya.

TULUNGAGUNG - Belasan lelaki dewasa di Desa Tanjungsari, Kecamatan Boyolangu, saling rajam. Luka sabetan sampai berdarah di punggung seolah tidak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News