Sama-Sama Tergoda Gus Ipul, PDIP-Gerindra Mau Koalisi?

Sama-Sama Tergoda Gus Ipul, PDIP-Gerindra Mau Koalisi?
Diskusi Menakar Kandidat Potensial Pilkada Jawa Timur 2018" di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (11/6). Foto: M. Fathra NI/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kejutan muncul dalam diskusi bertajuk "Menakar Kandidat Potensial Pilkada Jawa Timur 2018" di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (11/6).

Dalam diskusi yang membahas hasil survei Poltracking Indonesia itu terungkap jika dua partai besar yang bertarung di Pilkada DKI Jakarta, PDIP dan Gerindra sama-sama menginginkan Saifullah Yusuf sebagai bakal calon Gubernur Jatim.

Dalam survei Poltracking, nama Saifullah yang saat ini menjabat Wakil Gubernur Jatim, dinyatakan sebagai figur paling diinginkan sebagai kandidat cagub hasil simulasi 18 kandidat (31,27 persen), disusul Tri Rismaharini (24,05 persen) dan Khofifah Indar Parawansa (17,97 persen).

Terakhir ada nama Abdullah Azwar Anas (8,22 persen) Namun, Bupati Banyuwangi ini paling diingikan sebagai kandidat Wakil Gubernur Jatim (22,81 persen).

Nah, dalam diskusi tersebut terungkap jika PDIP dan Gerindra juga sama-sama berkeinginan berkoalisi dengan PKB yang telah mendeklarasikan Gus Ipul, sapaan Saifullah Yusuf sebagai bakal cagub Jatim. "Untuk di Jatim kami merasa lebih nyaman dengan PKB," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Serupa, Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry Juliantono yang hadir pada diskusi itu juga menginginkan nama Gus Ipul.

"Dalam konteks Pilkada Jatim ke depan, Gerindra besar kemungkinan akan ke Pak Saifullah, tapi kan pertanyaannya nunggu PDIP juga," ujar Ferry.

Apakah PDIP-Gerindra kemungkinan berkoalisi lagi seperti ketika mengusung Joko Widodo-Basuki T Purnama di Pilkada DKI 2012? Baik Hasto maupun Ferry belum bisa memastikan karena peta politiknya masih cair. (fat/jpnn)


Kejutan muncul dalam diskusi bertajuk "Menakar Kandidat Potensial Pilkada Jawa Timur 2018" di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (11/6).


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News