Samadikun Diistimewakan? Inilah Bantahan BIN

Samadikun Diistimewakan? Inilah Bantahan BIN
Ketua Dewan Informasi Strategis dan Kebijakan (DISK) BIN, Dradjad H Wibowo. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Badan Intelijen Negara (BIN) menepis anggapan yang menyebut lembaga telik sandi pimpinan Sutiyoso itu mengistimewakan Samadikun Hartono, buron korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) yang ditangkap di Shanghai, Tiongkok. Namun, BIN menegaskan bahwa penangkapan atas mantan bos Bank Modern itu memang hasil operasi intelijen.

Menurut Ketua Dewan Informasi Strategis dan Kebijakan (DISK) BIN, Dradjad H Wibowo, yang membedakan  Samadikun dengan buron lainnya yang sudah tertangkap adalah prosesnya. “Tidak ada pengistimewaan terhadap SH (Samadikun, red). Yang beda hanya proses operasinya. SH ini ditangkap melalui sebuah operasi intelijen, kerja sama badan intelijen Indonesia dan China,” ujar Dradjad kepada JPNN, Jumat (22/4).

Ia menjelaskan, pemerintah Tiongkok justru proaktif agar Indonesia segera menjemput Samadikun. Bahkan Tiongkok langsung mengirim utusan untuk menemui Sutiyoso yang sedang mendampingi Presiden Joko Widodo dalam lawatan ke Eropa.

“Perkembangan terjadi sangat cepat di London dan langsung dilaporkan oleh kepala BIN kepada presiden. KaBIN dan jajaran langsung terbang ke Shanghai,” tuturnya.

Dradjad menegaskan, pemulangan Samadikun juga bukan hasil ekstradisi. Hal itulah yang membedakan dengan buron-buron lain yang sudah bisa dibawa pulang.

Selain itu, Samadikun selama 13 tahun menjadi buronan  memang tak menampakkan diri. Hal itu berbeda dengan M Nazaruddin, bekas benahara umum Partai Demokrat yang saat buron justru aktif di Skype.

“SH memiliki lima paspor, jadi tidak terlacak sebelumnya. Keputusan dan tindakan haris diambil cepat. Yang saya tahu, sejak pertama kali mendapat laporan daro KaBIN sekitar seminggu lalu, Presiden Jokowi mengambil keputusan sangat cepat,” sambung Dradjad.

Mantan anggota komisi keuangan dan perbankan DPR itu menegaskan, pemulangan para buron BLBI sudah menjadi program prioritas pemerintahan Presiden Jokowi. Kepala BIN sebagai pembantu presiden pun bertindak sangat cepat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News