Sambangi KPK, Tim Transisi Bahas Pencegahan Korupsi

Sambangi KPK, Tim Transisi Bahas Pencegahan Korupsi
Sambangi KPK, Tim Transisi Bahas Pencegahan Korupsi

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla tidak ingin mengulangi kesalahan yang terjadi di pemerintahan sebelumnya terkait kasus korupsi. Oleh karena itu Tim Transisi melakukan pertemuan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi.

"Komponen diskusi tadi itu lebih banyak pada soal pencegahan. Dari pengalaman KPK, apa-apa saja yang akan dikerjakan untuk masa awal pemerintahan. Karena kalau sudah masuk masa awal kan komponennya, komponen pencegahan. Bagaimana agar di pemerintahan baru tidak terjebak, terjerat karena pencegahanya tidak siap," kata Deputi Tim Transisi Jokowi-JK, Anies Baswedan di KPK, Jakarta, Jumat (26/9).

Anies menjelaskan pencegahan korupsi bisa dilakukan dengan membuat sistem yang baik. Personalia yang tepat, sambung dia, juga berpengaruh terhadap pencegahan korupsi.

"Bicara personalia kesederhanaan juga menjadi penting. Tidak mungkin orang itu bisa menjaga dari potensi korupsi jika gaya hidup tidak sederhana. Jokowi selalu menegaskan, kesederhanaan. Itu harus menjadi bagian dari gaya hidup bagi seorang pejabat," tuturnya.

Menurut Anies, orang-orang yang memiliki track record baik dihadapan publik dan lebih mengutamakan kepentingan publik bisa membantu dalam pencegahan korupsi.

"Orang-orang yang catatannya baik dihadapan publik, ini yang akan bisa membantu untuk menyelamatkan dari segala macam potensi masalah korupsi," ujar Anies.

Sementara itu Deputi Tim Transisi Jokowi-JK, Akbar Faisal menyatakan Tim Transisi ingin melibatkan KPK terkait pembentukan pemerintahan Jokowi-JK. Sehingga pemerintahan ke depan tidak mengulang kesalahan-kesalahan yang terjadi di pemerintahan sebelumnya.

"Ini merupakan upaya kami untuk membuat pemerintahan ke depan itu tidak terjebak kesalahan-kesalahan yang terjadi di masa lalu. Jadi hari ini kami datang untuk koordinasi dengan KPK," tandas Akbar. (gil/jpnn)


JAKARTA - Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla tidak ingin mengulangi kesalahan yang terjadi di pemerintahan sebelumnya terkait kasus korupsi. Oleh


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News