PWI Sambut Baik Gagasan Mulyadi untuk Mendirikan Museum Pers di Sumbar

PWI Sambut Baik Gagasan Mulyadi untuk Mendirikan Museum Pers di Sumbar
Anggota DPR Mulyadi mengusulkan pembangunan Museum Pers di Sumbar. Foto: Ist for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) melalui pewarta seniornya Djunaedi Tjunti Agus merespons positif gagasan Anggota DPR H. Mulyadi yang berinisiatif mendirikan museum pers di wilayah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) nanti. Dia sangat berharap rencana itu benar-benar direalisasikan oleh Mulyadi.

"Kami menyambut baik soal pendirian museum pers bila betul-betul diwujudkan, mengingat banyaknya tokoh pers nasional yang lahir di Ranah Minang, seperti Djamaluddin Adinegoro dan Rosihan Anwar. Di dunia kewartawanan orang Minang memang paling menonjol," ujarnya di sela-sela rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Wartawan senior lainnya Singgalang Khairul Jasmi bahkan sangat antusias menyambut ide ini dan sangat yakin Mulyadi bisa mendirikan Museum Pers Indonesia di tanah Sumbar.

"Museum Pers Indonesia ini penting bagi Sumbar. Saya yakin Pak Mulyadi bisa mewujudkannya," kata Khairul Jasmi yang juga alumni sejarah di UNP Padang.

Hal yang sama juga dikemukakan Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat Ilham Bintang. Menurutnya, kalau memang benar didirikan kelak, warga Sumbar tak perlu jauh-jauh lagi pergi ke Solo hanya untuk berkunjung ke museum pers.

"Bagus, selama ini museum pers kita ada di Solo," paparnya ketika ditanya terkait pendirian museum pers di Sumbar.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya dalam momentum HPN 2020 Mulyadi sempat melontarkan gagasan bahwa sudah saatnya museum pers berdiri pula di Ranah Minang.

Dia berharap jejak sejarah dunia kewartawanan di Sumbar, termasuk tentang tokoh-tokohnya bisa diketahui oleh generasi sekarang dan generasi yang akan datang di museum tersebut.

Berharap sejarah dunia jurnalistik di Sumbar termasuk tentang tokoh-tokohnya bisa diketahui oleh generasi sekarang dan generasi yang akan datang di Museum Pers.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News