JPNN.com

Sambut Iduladha, Ini 6 Seruan MUI

Sabtu, 10 Agustus 2019 – 21:45 WIB Sambut Iduladha, Ini 6 Seruan MUI - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Umat Islam akan merayakan Hari Raya Iduladha besok, Minggu, 11 Agustus. Berkaitan dengan perayaan itu, Waketum MUI Zainut Tauhid Sa'adi menyerukan beberapa hal. Intinya meminta umat untuk merayakan hari raya kurban dengan tetap menjaga keamanan dan kekhusyukan.

Berikut seruan MUI:

1. MUI mengimbau seluruh umat Islam agar dalam menyambut Iduladha dengan mengumandangkan takbir, tahmid, tahlil dan melakukan amalan sunah lainnya yang bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

2. MUI mengimbau umat Islam agar merayakan Iduladha tetap menjunjung tinggi perilaku terpuji (akhlak karimah). Menjaga keamanan, kenyamanan dan kekhusyuan, serta menghindarkan diri dari perilaku yang berlebihan dan menyia-nyiakan harta.

BACA JUGA: Yang Perlu Anda Ketahui seputar Salat Iduladha di Masjid Istiqlal, Besok

3. MUI mengajak kepada seluruh umat Islam Indonesia untuk menjadikan hari raya Iduladha sebagai momentum untuk membangun solidaritas sosial, memperkuat dan mengokohkan kembali ikatan ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, ukhuwah insaniyah.

4. MUI mengimbau kepada umat Islam yang memiliki kelapangan rezeki agar melaksanakan ibadah kurban untuk memberikan kegembiraan kepada saudara-saudara kita yang kekurangan. Semangat berkurban harus dilandasi dengan nilai-nilai keihlasan, cinta kasih dan persaudaraan.

"Dalam memilih hewan kurban harus mengindahkan standarisasi hewan yang akan disembelih. Antara lain kondisi kesehatan hewan, tidak cacat, bersih, cukup umur dan jauh dari penyakit. Serta memerhatikan cara penyembelihan dengan tetap mengacu kepada ketentuan syariat Islam," terang Zainut dalam pesan tertulisnya, Sabtu (10/8).

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...