Sambut Libur Nataru, Hutama Karya Siapkan Strategi Anti-Macet di Tol

Sambut Libur Nataru, Hutama Karya Siapkan Strategi Anti-Macet di Tol
Salah satu jalan tol hasil karya PT Hutama Karya. Foto: Humas Hutama Karya.

jpnn.com - PALEMBANG - PT Hutama Karya (Persero) siap melayani pemudik yang ingin berlibur via jalur darat di sepanjang 589 km ruas tol, baik itu di Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) maupun JORR-S dan akes Tanjung Priok, dalam rangka menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 atau Nataru.

Perusahaan memprediksi lonjakan arus lalu lintas di JTTS meningkat 24 persen dari semula 990.000 menjadi 1.230.000 kendaraan pada momen libur Nataru nanti, dibanding hari biasa. 

Adapun puncak arus mudik diprediksi pada H-2 Natal, yakni 23 Desember 2023. Sementara, puncak arus balik diperkirakan pada 30 Desember 2023.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menyampaikan bahwa dari sisi pelayanan, pihaknya telah menyiapkan berbagai strategi anti-macet.

Dia menyebut strategi itu, antara lain, menyediakan 64 unit alat mobile reader dan top-up asongan untuk mempercepat transaksi, serta penerapan sistem holding di rest area di Tol Terpeka dan Permai apabila lonjakan kian padat.

Pihaknya juga menyiagakan 2.576 personel dan 289 unit armada siaga hingga optimalisasi rest area.

Terdiri dari sembilan rest area permanen di Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung dengan kapasitas daya tampung 1.352 kendaraan. Kemudian, enam rest area sementara di Tol Pekanbaru-Dumai, dan dua di Tol Indralaya-Prabumulih, dengan dengan kapasitas daya tampung masing-masing 345 kendaraan.

Lalu, delapan rest area fungsional, di antaranya, dua di Tol Palembang-Indralaya dengan kapasitas 60 kendaraan.

PT Hutama Karya menyiapkan beberapa strategi antimacet dalam rangka menyambut libur Nataru. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News