Sambut Obama, 452 Tapol Myanmar Bebas

Sambut Obama, 452 Tapol Myanmar Bebas
Sambut Obama, 452 Tapol Myanmar Bebas
YANGON--Myanmar akan memberikan pengampunan kepada ratusan tahanan politik (tapol) melalui kebijakan amnesti masal Kamis, (15/11). Para aktivis prodemokrasi mengkritik langkah pemerintahan Presiden Thein Sein itu sebagai upaya untuk menyenangkan Washington menjelang kunjungan Presiden Barack Obama Senin depan (19/11).

Pemerintah Myanmar menyatakan bahwa 452 tapol akan dibebaskan. Namun, aktivis HAM menyatakan belum bisa mengonfirmasi kebenaran pembebasan tersebut. Apalagi, sejumlah tapol ternyata masih berada di dalam penjara.

Sebelumnya, Myanmar telah membebaskan ratusan tapol yang didakwa terlibat aksi makar atas pemerintahan junta militer. Saat itu, pembebasan para tapol dilakukan sebagai bagian dari reformasi. Kebijakan tersebut berbuntut pada membaiknya hubungan baik Myanmar dengan Barat.

Sejumlah organisasi HAM, termasuk Human Right Watch (HRW), yang bermarkas di New York, mencurigai motivasi pemberian amnesti itu. "Sepertinya, (amnesti) ini adalah permainan baru di Burma, yakni permainan tahanan politik," ujar Deputi Direktur HRW Asia Phil Robertson. Dia menyebut pembebasan tersebut sebagai langkah sinis dan tidak transparan.

YANGON--Myanmar akan memberikan pengampunan kepada ratusan tahanan politik (tapol) melalui kebijakan amnesti masal Kamis, (15/11). Para aktivis prodemokrasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News