Samosir Art Festifal 2011 Segera Digelar

Samosir Art Festifal 2011 Segera Digelar
Samosir Art Festifal 2011 Segera Digelar
JAKARTA - Upaya membangkitkan kembali nilai-nilai luhur adat Batak, dijadikan semangat dalam penyelenggaraan Samosir Art Festival 2011 yang akan dilangsungkan 28-29 Desember mendatang. Ketua Panitia Samosir Art Festival 2011, Maria R Tampubolon, mengatakan acara yang akan digelar di Pantai Pasir Putih Parbaba, Samosir ini merupakan salah satu upaya menjaga eksistensi nilai-nilai luhur masyarakat Batak, di tengah gencarnya arus teknologi informasi dewasa ini.

“Kami merasa berkepentingan untuk menggelar acar semacam ini, karena generasi muda Batak harus terus diajak melestarikan budaya dan nilai luhur nenek moyangnya,” ujar Maria dalam siaran persnya kepada JPNN, Senin (19/12)

Kegiatan ini sendiri mengusung tema “Generasiku Berbudaya” yang akan menyuguhkan berbagai macam kegiatan, baik seni, budaya dan kampanye lingkungan hidup yang bernuanasa Batak. Berbagai jenis permainan tradisional di antaranya Marsungkil, Margala, Marsiada, Marsudani, Mariyeiye, serta berbagai kegiatan tradisonal lainnya seperti “Turi Turian” (mendongeng), Puisi dalam bahasa Batak, Gondang anak anak, seruling batak, Tari Tortor dan Pertunjukan Sigale Gale, akan diangkat dan ditampilkan dalam kegiatan ini.

Pihak penyelenggara, juga mendatangkan pemerhati lingkungan hidup untuk memberikan bimbingan kepada para siswa SMU yang juga berpartisipasi di acara ini. Selain itu penyelenggara juga merangkul sejumlah  artis berdarah Batak seperti Yeppy Romero Pangaribuan dan Tongam Sirait, serta penampilan seni teater yang dipimpin Thompson Hutasoit dan lainnya untuk menyemarakkan acara.

JAKARTA - Upaya membangkitkan kembali nilai-nilai luhur adat Batak, dijadikan semangat dalam penyelenggaraan Samosir Art Festival 2011 yang akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News