Sampah di Jaktim 7.812 Meter Kubik per Hari

Sampah di Jaktim 7.812 Meter Kubik per Hari
Sampah di Jaktim 7.812 Meter Kubik per Hari
TINGGINYA pertumbuhan penduduk di Jakarta Timur, turut menyumbangkan tingginya volume sampah. Saat ini, volume sampah di Jakarta Timur telah mencapai 7.812 meter kubik. Karenanya, dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk mengelolanya, termasuk memanfaatkannya kembali menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis tinggi.

Hal itu diungkapkan Walikota Jakarta Timur Murdhani, Minggu (03/07). Menurutnya, volume sebanyak itu bisa mengakibatkan bencana bagi warga Jakarta Timur dan sekitarnya.

“Sampah di Jakarta Timur setiap hari volumenya mencapai 7.812 meter kubik. Tentunya sampah sebanyak ini harus dikelola dengan baik, jika tidak sampah ini akan menjadi bencana bagi masyarakat. Entah itu penyakit, banjir dan sebagainya,” ujarnya.

Untuk di Kelurahan Halimperdanakusumah, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur sendiri saat ini, volume sampahnya telah mencapai 10 meter kubik atau setara dengan 8 ton. Sedangkan gerobak sampah yang ada, saat ini hanya tersedia satu unit di setiap RW. Pada 2011 ini akan ada penambahan satu unit gerobak lagi di setiap RW. “Penambahan gerobak ini diharapkan dapat mengatasi masalah sampah,” kata Murdhani.

TINGGINYA pertumbuhan penduduk di Jakarta Timur, turut menyumbangkan tingginya volume sampah. Saat ini, volume sampah di Jakarta Timur telah mencapai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News