Sampah Wisatawan Berserakan di Situ Bagendit, Wabup Garut Kesal

Sampah Wisatawan Berserakan di Situ Bagendit, Wabup Garut Kesal
Wakil Bupati Garut Helmi Budiman (kiri) meninjau langsung kawasan objek wisata Situ Bagendit yang dilaporkan banyak sampah berserakan di tempat wisata tersebut di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (5/5/2022) malam. (ANTARA/HO-Diskominfo Garut)

jpnn.com, GARUT - Dampak lonjakan wisatawan di Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat menyisakan banyak sampah berserakan.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman yang mendapat laporan langsung meninjau lokasi.

"Saya dapat informasi banyak sampah, saya langsung ke sini untuk mengecek ternyata banyak sampah plastik," kata Helmi saat meninjau dan membersihkan langsung sampah di Situ Bagendit, Kamis malam.

Dia menuturkan Situ Bagendit merupakan objek wisata yang direvitalisasi pemerintah pusat agar tempatnya lebih nyaman dan memiliki daya tarik yang mengesankan bagi pengunjung.

Sejak dibuka pada Lebaran 2022, kata dia, tingkat kunjungan wisatawan cukup banyak, namun keberadaan wisatawan tersebut belum sadar lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan.

"Jadi, pengunjung itu banyak membuang sampah bekas minuman atau makanan ke situ, yang akhirnya mengotori tempat wisata," katanya.

Dia menyampaikan adanya sampah berserakan di Situ Bagendit itu menjadi perhatian bagi pemerintah daerah, terutama pengelola wisata dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Pemerintah daerah, kata dia, akan mengevaluasi apa saja yang menjadi masalah terkait kebersihan lingkungan di kawasan objek wisata mulai dari penyediaan tempat sampah, maupun petugas khusus untuk membersihkan sampah.

Dampak lonjakan wisatawan di Situ Bagendit, Kabupaten Garut, menyisakan banyak sampah berserakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News