Sampai Tercebur, Ketua DPRD Bogor Turun Bersihkan Sampah Cisadane

Sampai Tercebur, Ketua DPRD Bogor Turun Bersihkan Sampah Cisadane
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Ade Ruhandi (tengah-kiri baju putih) bersama penggiat dan masyarakat sekitar dalam Mumule Cisadane Hulu. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - CARINGIN - Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Ruhandi, Kamis (24/11) guyub bersama penggerak Cisadane hulu dan lingkungan (Pacing), volunteer Eagle dan satgas lingkungan hidup, serta masyarakat sekitar bahu-membahu membersihkan sampah di hulu Cisadane, di desa Pasir Buncir, Caringin, Bogor.

Rangkaian kegiatan dikemas dalam acara Mumule Cisadane hulu, yang jika diartikan sebuah kegiatan memelihara hulu Sungai Cisadane.  

"Urgensi dari acara ini adalah menumbuhkan kesadaran akan fungsi, peranan dan manfaat daerah aliran sungai khususnya di kawasan DAS (daerah aliran sungai) Cisadane hulu," tutur Jaro Ade, panggilan karib Ketua DPRD Bogor itu.

"Perlunya dorongan yang berkelanjutan dari lembaga baik pemerintah atau swasta, serta masyarakat luas bahwa DAS adalah suatu sistem yang terbentuk dari gabungan sumberdaya yang saling berkaitan dan berinteraksi. DAS sangat berdampak positif baik segi pariwisata serta segi keseimbangan alam," imbuhnya.

Menurut Jaro Ade, dengan pemeliharaan yang baik DAS akan memberikan banyak manfaat serta mampu menjadi fungsi maksimal dalam pengendalian banjir serta ketersediaan air untuk berbagai keperluan seperti pertanian dan pemenuhan ketersedian air.

Selain membersihkan sampah, Jaro dan segenap panitia juga melakukan penanaman 5000 pohon jenis pelindung di sekitar DAS Cisadane serta melepas 20.000 bibit ikan di hulu Sungai Cisadane.

"Kami senang dan bangga atas kepedulian Ketua DPRD Bapak Jaro Ade pada kelestarian dan keseimbangan hulu Sungai Cisadane, " kata Herlan Wahyudin, kordinator lapangan kegiatan.

Herlan kemudian bercerita, Jaro Ade sempat tercebur sungai saat menggapai gelondongan sampah yang tersangkut batu di tengah Sungai Cisadane. Namun, cerita singkat Herlan itu malah membuat Jaro Ade dan semua peserta tertawa. 

CARINGIN - Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Ruhandi, Kamis (24/11) guyub bersama penggerak Cisadane hulu dan lingkungan (Pacing), volunteer Eagle dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News