Sampoerna & Yayasan INOTEK Gelar Pelatihan Transformasi Digital untuk Pelaku UMKM di Serang

Sampoerna & Yayasan INOTEK Gelar Pelatihan Transformasi Digital untuk Pelaku UMKM di Serang
Sampoerna dan Yayasan INOTEK gelar pelatihan transformasi digital untuk pelaku UMKM di Serang. Foto: Sampoerna

jpnn.com, SERANG - PT HM Sampoerna Tbk. melalui program pemberdayaan UMKM Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) di bawah payung Program Keberlanjutan Sampoerna Untuk Indonesia (SUI), menyelenggarakan pelatihan lanjutan bertajuk Level Up UMKM Indonesia sebagai rangkaian kegiatan dari UMKM Untuk Indonesia (UUI) untuk transformasi digital di Serang, Banten, Selasa (27/6).

Pelatihan ini dilakukan melalui kerja sama dengan mitra SETC, Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK), sebuah inkubator bisnis yang mendukung pengembangan usaha pemula, kecil, dan menengah yang berbasis teknologi tepat guna, serta telah menjangkau ratusan UMKM di seluruh Indonesia.

Acara bertujuan untuk mengakselerasi pengembangan UMKM untuk penguatan kapasitas dalam pemasaran digital melalui platform digital ini diikuti sekitar 80 pelaku UMKM di Provinsi Banten.

Melalui pelatihan tersebut, para peserta pelatihan yang sebagian besar perempuan dibekali berbagai keterampilan, termasuk mengenai teknik pengambilan foto produk yang baik dengan menggunakan ponsel agar lebih menarik hingga pemasaran produk dengan memanfaatkan digitalisasi.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Serang Wahyu Nurjamil menyampaikan bahwa dari kegiatan UMKM Untuk Indonesia yang telah dilaksanakan tiga kali secara luring ini telah memberikan dampak perluasan pasar bagi UMKM yang berhasil memanfaatkan platform digital.

"Kegiatan hari ini juga turut memperkuat kemampuan UMKM untuk meningkatkan kemampuan teknik pengambilan foto dan copywriting. Selain itu, perizinan usaha, yaitu Nomor Induk Berusaha dan Halal telah berhasil difasilitasi melalui kegiatan ini," kata dia yang hadir pada acara ini.

Sejak didirikan pada 2007, SETC telah memberi pelatihan kepada lebih dari 67.000 pelaku UMKM di Indonesia, baik secara daring maupun luring.

Program ini merupakan salah satu dari berbagai pelatihan dan pendampingan UMKM yang telah dilaksanakan sebagai bagian dari kegiatan SETC selama 16 tahun terakhir bagi UMKM di berbagai wilayah di Indonesia.

Untuk kesekian kalinya, Sampoerna dan Yayasan INOTEK gelar pelatihan transformasi digital yang sekarang untuk pelaku UMKM di Serang, Banten.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News