Samsung DeX Pindahkan Pengalaman Komputasi ke Ponsel, Begini Caranya

Samsung DeX Pindahkan Pengalaman Komputasi ke Ponsel, Begini Caranya
Samsung DeX di Galaxy Note 10 series. Foto: Samsung

jpnn.com, JAKARTA - Pernah terpikir untuk tidak lagi direpotkan dengan perangkat laptop dalam waktu-waktu tertentu? Memindahkan pengalaman komputasi ke dalam perangkat lebih kecil, seperti ponsel pintar, menjadi perhatian khusus Samsung sejak beberapa tahun belakang.

Hasilnya, terwujudlah fitur andalan yang mereka sebut Samsung DeX. Ini merupakan mode tersembunyi yang ketika diaktifkan, menghadirkan pengalaman komputasi dari sebuah ponsel.

Apa itu Samsung DeX
Sederhananya, Samsung DeX memungkinkan ponsel kamu berubah layaknya sebuah laptop atau desktop.

Samsung DeX sendiri pertama dikenalkan di dalam diri Galaxy S8 dan Galaxy S8+, namun kala itu pengguna harus mempunyai docking station, yang dijual terpisah.

Tetapi itu dahulu. Samsung DeX kini sudah mengalami perubahan drastis dan makin mempermudah penggunanya.

Ya, kini tanpa harus punya docking tambahan, tinggal colok ke monitor, TV atau bahkan laptop sekalipun, beres.

Selain itu, di Galaxy Note 10, transformasi Samsung DeX tak lagi sekadar mengubah ponsel jadi serupa kompoter dekstop, tetapi kini bisa mengendalikan smartphone lewat laptop.

Menariknya, tak hanya komputer berbasis Windows saja yang mendukung fitur ini. Samsung DeX juga bisa menghubungkan perangkat Galaxy Note 10 dengan laptop MacBook yang menggunakan sistem operasi MacOs.

Samsung DeX merupakan mode tersembunyi yang ketika diaktifkan, mampu menghadirkan pengalaman multitasking dan komputasi di ponsel Galaxy Note 10 series.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News