Sandiaga Sebut Bakal Ada Bantuan Pembiayaan untuk Usaha Homestay

Sandiaga Sebut Bakal Ada Bantuan Pembiayaan untuk Usaha Homestay
Layanan spa tour atau pijat kaki di pinggir kali yang sedang dikembangkan di desa-desa wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Foto: Kemenpar for JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengan berbagai pihak memberikan bantuan pembiayaan untuk usaha homestay di desa-desa wisata di penjuru Tanah Air.

Bantuan pembiayaan untuk homestay diberikan dalam bentuk penambahan modal kerja untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas sehingga bisa menambah kenyamanan bagi para wisatawan.

"Saya berterima kasih kepada berbagai pihak yang telah berdiskusi merumuskan strategi untuk mendorong potensi pariwisata dengan pembiayaan homestay. Pembiayaan ini diberikan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas homestay," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam keterangan resminya, Selasa (23/3/2021).

Sandiaga mengatakan, bantuan pembiayaan untuk homestay ini merupakan bagian dari upaya Kemenparekraf mempercepat pemulihan ekonomi nasional di sektor pariwisata dengan menjalankan program berbasis komunitas, salah satunya pengembangan desa wisata.

Program ini dilaksanakan dengan pertimbangan data yang menyebut tren menurunnya kunjungan wisatawan mancanegara hingga 73,6 persen di periode Januari-November 2020. Tetapi, di periode yang sama wisatawan Nusantara hanya turun kira-kira 30 persen.

"Berarti ini terbuka peluang untuk homestay. Banyak potensi yang dimiliki desa wisata Indonesia. Saya melihat bahwa daya tarik pariwisata sekarang adanya di desa wisata karena lebih alami dan berbudaya," kata Sandiaga.

Baca Juga: Brigadir AG dan Briptu DK Dipecat, Kapolres: Perbuatan Mereka Sudah Tak Bisa Ditolerir

"Kemenparekraf sedang melakukan pendampingan terhadap 244 desa wisata menjadi desa wisata mandiri dalam bentuk pengembangan SDM, fintech, pengelola desa wisata, pengembangan produk atau travel pattern, dan promosi digital. Output-nya berupa sertifikasi desa wisata berkelanjutan," imbuh Sandiaga.(dkk/jpnn)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan bantuan pembiayaan untuk homestay diberikan dalam bentuk penambahan modal kerja untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas sehingga bisa menambah kenyamanan bagi para wisatawan.


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News