Sandiaga Minta Pengusaha Muda Jadi Mitra Kembangkan Desa Wisata

Sandiaga Minta Pengusaha Muda Jadi Mitra Kembangkan Desa Wisata
Menparekraf Sandiaga Uno menyiapkan langkah strategis untuk membantu pemulihan desa wisata yang terdampak pandemi Covid-19. Foto tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meminta Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) untuk berkolaborasi bersama membantu UMKM masuk ke dalam ekosistem digital.

Hal itu disampaikan Sandiaga saat menghadiri Rapat Kerja Nasional HIPMI bertema "Berinovasi Bangkitkan Ekonomi". Sandiaga hadir dalam acara terebut secara virtual, Sabtu (6/3/2021).

Sandiaga mengatakan, saat ini pemerintah membutuhkan kerja sama dari berbagai pihak untuk membantu UMKM yang bergerak di sektor ekonomi kreatif masuk ke dalam ekosistem digital.

Sandiaga mencatat, saat ini sudah ada 4 juta UMKM yang masuk ke dalam ekosistem digital. Namun angka tersebut masih sedikit jika dibanding dengan 65 juta UMKM yang ada di Indonesia.

"Saya targetkan 10 hingga 15 juta UMKM bisa masuk ekosistem digital tahun ini. Gak bisa pemerintah bekerja sendiri, pemerintah butuh HIPMI, butuh seluruh sinergi dan kolaboasi," kata Sandiaga.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga mengajak HIPMI berkolaborasi untuk mengembangkan desa wisata yang menjadi program unggulan Kementerian Pariwisara dan Ekonomi Kreatif.

Sandiaga juga mengatakan desa wisata akan menjadi game changer. Sebab selama ini wisata hanya dikuasai oleh kelompok atas.

Sementara pemerintah kini menyiapkan pengembangan desa wisata yang bisa dikelola oleh masyarakat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meminta Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) untuk berkolaborasi bersama untuk mengembangkan desa wisata yang menjadi program unggulan Kemeparekraf.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News