Sandiaga Uno Bekali Pelaku UMKM untuk Menghadapi Tantangan Resesi Ekonomi

Sandiaga Uno Bekali Pelaku UMKM untuk Menghadapi Tantangan Resesi Ekonomi
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Foto dok Kemenparekraf

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memaparkan mengenai 'Strategi Memikat Investor di Masa Resesi' kepada UMKM, yang tersebar di seluruh Indonesia dalam agenda Webinar Business Mentoring Class.

Dalam paparannya, Sandiaga Uno menjelaskan tentang cara negosiasi dan presentasi cepat namun menarik.

Pria berkacamata ini menjelaskan, dalam bernegosiasi harus ada konsep '3 Si' yakni inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

"Saya berikan konsep, yang pertama '3 Si', inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Negosiasi itu bisa cepat, bisa memikat kalau kita menguasai seluruh isu, jadi informasi yang diperlukan itu kita harus tahu dengan cepat dan super tepat. Kita juga harus mampu dikelilingi oleh orang-orang yang baik, kalau kita mau sukses, kita bergaulnya sama orang-orang sukses," ujar Sandiaga, Selasa (1/11).

Sandiaga juga menanggapi mengenai isu resesi ekonomi yang berdampak pada UMKM.

Namun, hal tersebut dapat dilalui dengan cara mencari penerang, dengan semangat 3G isu resesi di Indonesia akan dapat dilalui namun tetap waspada.

"Bisa disimpulkan di saat resesi ekonomi gelap. Banyak ketidakpastian, penerangnya adalah kemampuan kita untuk 4As, kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas," kata Sandiaga.

"Ini disandingkan dengan semangat 3G, gercep kita harus gerak cepat mengambil peluang, geber kita harus mampu bergerak bersama, dan gaspol garap semua potensi termasuk potensi online untuk menciptakan peluang usaha bersama UMKM lainnya," lanjut Sandiaga.

Sandiaga Uno menjelaskan tentang cara negosiasi dan presentasi cepat namun menarik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News