Sandiaga Uno Berkomitmen Bantu Kembangkan UMKM di Solo

Sandiaga Uno Berkomitmen Bantu Kembangkan UMKM di Solo
Menparekraf Sandiaga Uno ketika berada di Solo, Jawa Tengah. Dok: Kemenparekraf.

jpnn.com, SOLO - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berkomitmen meningkatkan daya saing UMKM guna terus berinovasi, beradaptasi dan berkolaborasi.

Dengan begitu, para pelaku ekonomi kreatif bisa memperkuat ekosistem mereka di tengah pesatnya perkembangan era digital.

Menurut Sandiaga, pelatihan digitalisasi yang dilakukan oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dapat dirasakan langsung oleh UMKM.

Dia pun mengatakan pemberdayaan yang berpihak pada ekraf dapat meningkatkan kebangkitan ekonomi.

"Potensi di Era digital bagi UMKM sangat besar, karena 97 persen lapangan kerja diciptakan oleh UMKM. Kegiatan-kegiatan seperti ini langsung dirasakan masyarakat, inilah arah pembangunan kita," kata Sandiaga Uno di Kecamatan Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (1/5).

Lebih lanjut, Sandiaga menjelaskan berbagai materi pelatihan diberikan melalui platform TikTok, termasuk bagaimana menciptakan konten untuk membantu penjualan produk UMKM.

Hal ini dinilai memberikan dampak yang luas terhadap kebangkitan ekonomi dan terciptanya lapangan kerja.

"Media sosial memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan edukatif serta konten-konten kreatif, agar mendorong pelaku UMKM terus berinovasi, mereka kita bekali dengan kemampuan dan keterampilan untuk memaksimalkan potensi online dari platform TikTok dalam menarik konsumen secara cepat," ujar Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga Uno berkomitmen untuk bisa memajukan perkembangan UMKM di Solo melalui digitalisasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News