Sandiaga Uno Bidik Restoran Penunggak Pajak

Sandiaga Uno Bidik Restoran Penunggak Pajak
Sandiaga Uno. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya akan mengaudit restoran yang menunggak pajak. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pendapatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Selama ini banyak pajak restoran yang tidak ter-collect," kata Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (23/10).

Sandi mengharapkan, dengan audit restoran penunggak pajak, penyerapan pendapatan daerah di sektor restoran bisa maksimal.

Kendati begitu, Sandi mengatakan, banyaknya restoran yang menunggak pajak disebabkan dari sistem penarikan pajak yang belum berjalan dengan baik. Saat ini sistem terkait perpajakan restoran masih dilakukan secara manual. "Jadi (pajak restoran) tidak ter-collect karena sistemnya mereka masih manual dan belum digital," kata dia.

Oleh karena itu, Sandi berupaya pihaknya untuk memperbaiki sistem perpajakan. Dia menambahkan, sistem pengumpulan pajak sedang dibenahi dan akan dibuat dengan sistem digital sehingga lebih mempermudah mengumpulkan pajak.

Dia juga akan berkoordinasi dengan Kepala Badan Pajak dan Retribusi DKI Jakarta Edi Sumantri. "Ini yang nanti kami tanya sama temen-temen, Pak Edi dan temen-temen di UKM juga, dan juga di Dinas Pariwisata yang membidangi restoran," tandas dia. (mg4/jpnn)


Ternyata sistem perpajakan restoran di DKI Jakarta selama ini belum optimal.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News