Sandiaga Uno: Program Family Sunday Movies Bisa jadi Wadah Pelaku Film Indonesia

Sandiaga Uno: Program Family Sunday Movies Bisa jadi Wadah Pelaku Film Indonesia
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam peluncuran Program Family Sunday Movie. Foto: jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memperkenalkan Program Family Sunday Movie kepada para filmmaker di seluruh Indonesia untuk mempublikasikan karya-karya film pendek atau dokumenter secara daring, Senin (29/11).

Dia mengatakan, ekonomi kreatif masih menjadi sektor pertumbuhan yang sangat cepat dan menyumbangkan 1.100 triliun.

"Jadi, produksinya secara presentasi Indonesia ada di peringkat ketiga. Pertama ada Amerika dengan Hollywoodnya, kemudian Korea Selatan dengan industri K-Pop nya," ujarnya.

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan ekonomi kreatif harus bisa menjadi tulang punggung Indonesia.

"Perfilman menjadi salah satu sub sektor yang terdampak pandemi covid-19 karena proses produksinya terkendala, promosinya juga mengalami kesulitan dan ada penutupan bioskop saat PPKM," tuturnya.

Pemerintah telah melakukan evaluasi kebijakan yang bisa menghidupkan kembali perfilman Indonesia dengan menjalankan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PAN) guna mengurangi dampak pandemi Covid-19.

"Tren positif perekonomian Indonesia sudah terlihat di kuartal ke 2 yang tumbuh 7 persen dan akhir tahun diperkirakan bertumbuh di atas 5 persen," kata Menteri Sandiaga Uno.

Program Family Sunday Movies ini bertujuan menjadi wadah bagi para pelaku film di daerah untuk menghasilkan karya-karya orisinil yang berkualitas.

Menteri Kemenparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan Ekonomi kreatif masih menjadi sektor pertumbuhan yang sangat cepat dan telah menyumbangkan 1.100 triliun.