Santri Ganjar Dukung Pelaku UMKM Go International Melalui Pelatihan Kewirausahaan

Santri Ganjar Dukung Pelaku UMKM Go International Melalui Pelatihan Kewirausahaan
Santri Dukung Ganjar mendukung pelaku UMKM untuk go international. Dok: sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, JAKARTA - Santri Dukung Ganjar (SDG) turut mendongkrak kewirausaan yang dijalani pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar mampu menembus pasar internasional lewat berbagai program-programnya.

Loyalis calon presiden (capres) Ganjar Pranowo tersebut menggelar pelatihan kewirausahaan digital untuk jemaah Majelis Taklim Rahdatul Jumuati yang sebagiannya berwirausaha di Jalan H. Mansyur, RT 3, RW 2, Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Koordinator Wilayah (Korwil) SDG Jabodebeka Farhan Ikhsan menyebut pihaknya mengundang pemateri untuk memberikan pelatihan cara mengoperasikan aplikasi digital market place untuk menunjang penjualan di dunia maya.

Selain itu, teknik-teknik penjualan di media sosial seperti WhatsApp dan Instagram agar produk mereka laku terjual.

"Peserta bisa menggunakan aplikasi digital marketplace dan cara bagaimana mengoperasikan aplikasi penjualan digital itu untuk menjualnya kepada masyarakat luas," kata dia dalam siaran persnya, Rabu (22/11).

Dengan demikian, potensi produk UMKM untuk go international makin terbuka lebar. Karena itu, Farhan berharap pelatihan ini bisa membuka peluang usaha baru lewat lokapasar atau toko online bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan ekonomi Indonesia.

"Harapannya, mudah-mudahan dengan pelatihan ini, ibu-ibu di sini membuka peluang wirausaha dan memajukan ekonomi Indonesia," ujarnya.

Muhammad Fahrul Adly sebagai pemateri dan salah satu penggiat digital marketing menilai UMKM harus beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Santri Dukung Ganjar mengadakan pelatihan kewirausahaan untuk mendukung pelaku UMKM go international.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News