Sapi JK Bongsor, SBY Kecil tapi Padat

Masjid Istiqlal Siapkan 30 Jagal, dan Dijaga Paspampres

Sapi JK Bongsor, SBY Kecil tapi Padat
Sapi JK Bongsor, SBY Kecil tapi Padat
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Jusuf Kalla masing-masing menyerahkan satu ekor sapi kurban di Masjid Istiqlal, Senin (8/12). Kedua sapi yang diserahkan kedua petinggi negara itu, sontak menjadi perhatian masyarakat yang kebetulan berada di lokasi. Tak ayal, berbagai komentar spontan meluncur dari mereka. Bu Ijah, misalnya, mengaku gemas dengan sapi kurban yang diserahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla. ''Wuih, Sapi Pak JK Nggemesin. Sapinya gede bongsor,  ada rambut gimbalnya lagi kayak  rocker aja,'' katanya.

Maklum, sapi JK memang memang nampak gagah. Posturnya tinggi besar, dan berambut putih di kepalanya. Tak ayal, banyak diantara penonton yang ingin mengelus kepalanya, sebelum akhirnya sapi itu dimutilasi untuk dibagi-bagikan dagingnya kepada masyarakat. Tak kalah menarik, Sapi yang diserahkan oleh Presiden SBY. Postur tubuh sapi SBY memang tidak segeda Sapi JK. Ia lebih kecil, namun lebih padat dan berisi. Dipunggungnya terdapat gundukan daging yang lumayan besar.

Alhasil, masyarakat tinggal pilih. Mau ngelus rambut kepala Sapi JK atau ngelus Punuk Sapi SBY. ''Wah lumayan neh dagingnya,'' kata seorang jagal. ''Yah, sapi presiden mah harus gemuk,'' sergah  jagal lainnya sambil tertawa. Sang jagal nampaknya benar. Sapi yang dikorbankan SBY seberat 1,45 Ton. Sedangkan, sapi JK yang bertubuh bongsor, ternyata beratnya 50 kg lebih ringan.

Menurut rencana, hewan kurban di Masjid Istiqlal baru akan disembelih pada Senin malam setelah isya , dan dagingnya  baru akan dibagikan pada Selasa keesokan harinya. Menurut Purwantoro, untuk menyembelih hewan korban itu, Masjid Istiqlal akan mengerahkan 30 jagal, dan sekitar 30 orang pembungkus daging. ''Setiap kemasan akan berisikan 1 kg daging, dan akan dibagaikan sekitar 5000 orang pemegang kupon,'' jelas Purwntoro, yang juga wakil bendahara masjid itu.

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Jusuf Kalla masing-masing menyerahkan satu ekor sapi kurban di Masjid Istiqlal, Senin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News