Saran Apindo ke Pemerintah soal Konektivitas Antarwilayah

Saran Apindo ke Pemerintah soal Konektivitas Antarwilayah
Ilustrasi peti kemas. Foto: Frizal/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan, Jawa masih mendominasi perekonomian nasional.

Menurut Hariyadi, adanya penguatan konektivitas yang sejalan dengan pertumbuhan pergerakan ekonomi baru di daerah akan mendorong peningkatan produktivitas dan daya saing nasional.

Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan merata akan merata sehingga dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat.

’’Tantangan penguatan konektivitas dan tantangan era digital dalam dunia bisnis menjadi dua poin penting di era disrupsi ini,” ujar Hariyadi, Senin (10/12).

Menurut Hariyadi, diperlukan sinergi antara swasta dan pemerintah dalam menjawab sejumlah tantangan tersebut.

Sinergi itu diharapkan mampu menjadi benchmark yang pada akhirnya menjaga pertumbuhan ekonomi nasional sekaligus menciptakan lapangan kerja.

Ketua Apindo Bidang Perhubungan Carmelita Hartoto menjelaskan, penguatan konektivitas Indonesia membutuhkan jaringan sistem seluruh moda transportasi yang terintegrasi. Baik darat, laut maupun udara, juga kereta api.

Sistem integrasi antarmoda transportasi juga perlu terkoneksi dan terpadu dengan kawasan-kawasan industri sebagai simpul pergerakan ekonomi.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan, Jawa masih mendominasi perekonomian nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News