Saran Bamsoet untuk Pemerintah soal Antisipasi Banjir

Saran Bamsoet untuk Pemerintah soal Antisipasi Banjir
Ketua MPR Bambang Soesatyo. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Banjir kembali wilayah DKI Jakarta. Sejumlah wilayah di ibu kota pun kebanjiran hingga mengakibatkan aktivitas warga terganggu.

Menurut Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo alias Bamsoet, pemerintah pusat maupun daerah seluruh Indonesia segera melakukan langkah antisipatif terhadap potensi banjir. Wakil ketua umum Partai Golongan Karya (Golkar) itu mengatakan, harus ada upaya permanen supaya peristiwa banjir tidak terulang lagi di masa yang akan datang.

"Karena ini bukan yang pertama kali kita menghadapi musibah banjir, sehingga harus dilakukan langkah-langkah yang permanen agar banjir ke depan tidak terulang," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (25/2).

Mantan ketua DPR itu menambahkan, pemerintah bisa mengundang para ahli sekaligus melakukan terobosan untuk memperbaiki sistem drainase atau saluran air di jalan-jalan, gorong-gorong. Dengan demikian air bisa langsung dialirkan ke laut.

Bamsoet menambahkan, ada beberapa cara untuk mengatasi banjir, termasuk dengan membuat sumur-sumur resapan dan waduk. Hal ini bisa dilakukan dengan kewenangan dari pemerintah daerah dan maupun pusat.

"Kami hanya mendorong agar ini segera dilakukan langkah-langkah dan perbaikan," ungkapnya.(boy/jpnn)

Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet meminta pemerintah pusat dan daerah segera melakukan langkah antisipasi terhadap potensi banjir.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News