Saran Buat Sandiaga Uno Demi Pilpres 2024, Terkait dengan Wisata Halal

Saran Buat Sandiaga Uno Demi Pilpres 2024, Terkait dengan Wisata Halal
Menparekraf Sandiaga Uno. Foto: dok. Kemenparekraf

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memiliki peluang untuk diusung sebagai salah satu kandidat pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Menurut pengamat politik Maksimus Ramses Lalongkoe, peluang itu makin terbuka setelah Presiden Joko Widodo menunjuk Sandi sebagai menteri.

"Saya kira kunci elektoral Sandi saat dia menjabat sebagai menteri sekarang, harus membuktikan bisa menjadi menteri sukses," ujar Ramses kepada JPNN.com, Selasa (19/1).

Ramses menilai, jika Sandi tak mampu menakhodai kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif, maka elektabiltasnya pun akan tenggelam.

"Jadi, harus menunjukkan gebrakan-gebrakan yang sifatnnya memajukan pariwisata Indonesia," ucapnya.

Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia (LAPI) ini kemudian mengingatkan mantan calon wakil presiden yang berpasangan dengan calon presiden Prabowo Subianto di Pilpres 2019 lalu itu, untuk tidak menabrak kearifan lokal dalam mengembangkan pariwisata.

"Contohnya, soal penerapan wisata halal yang menuai polemik di beberapa daerah seperti di Manggarai Barat, sebagai salah satu kabupaten superprioritas," katanya.

Ramses menilai, Sandi harus tahu betul karakter masyarakat di masing-masing daerah.

Ada saran dari pengamat agar jalan Sandiaga Uno lancar ke Pilpres 2024. Terkait wisata halal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News