Saran Penting untuk Para Lansia dari 3 Dokter UI

Saran Penting untuk Para Lansia dari 3 Dokter UI
Para lansia di Sukamakmur. Foto: dari radarbogor

jpnn.com, JAKARTA - Dr Dwi Anita Suryandari M.Biomed dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (ui) mengingatkan agar kelompok masyarakat lansia lebih menjaga pola hidup yang sehat guna menghindari risiko terkena berbagai macam penyakit.

Dokter Dwi menyarankan agar lansia menjaga pola makan dengan memenuhi gizi yang seimbang serta meningkatkan menu yang lebih banyak serat untuk menjaga pencernaan.

Dia mengingatkan agar lansia mulai mengonsumsi karbohidrat dalam porsi yang lebih kecil.

"Mulai hindari makanan siap saji, berhenti merokok untuk bapak-bapak yang masih merokok, konsumsi air putih kalau bisa dalam keadaan hangat," kata Dwi dalam keterangannya pada kegiatan penyuluhan kesehatan lansia yang dilakukan secara daring dipantau di Jakarta, Minggu (28/12).

Dr drg Dwirini Retno Gunarti MS yang juga merupakan dosen dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengingatkan pada para lansia untuk meminum lebih banyak air.

Dia menganjurkan agar lansia meminum 1500 cc air dalam sehari.

"Lansia biasanya malas minum air karena bolak-balik ke kamar mandi, padahal lansia butuh air. Merasa tidak haus, tapi justru butuh air," kata Dwirini.

Dokter Dwi Anita juga menekankan pentingnya memiliki waktu istirahat yang cukup, beraktivitas fisik ringan bagi lansia, serta menjaga hubungan sosial atau melakukan kegiatan yang disenangi untuk terhindar dari stres.

Ada 3 dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyampaikan saran kepada para lansia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News